PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melalui Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy menghadiri kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) tentang teknis pengisian dan pemutahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun anggaran 2022.

Asistensi I Setdaprov Riau ini mengucapkan terima kasih kepada 356 orang PLD dari seluruh Provinsi Riau yang telah bersedia mengikuti kegiatan tersebut.

Masrul berharap, agar kiranya kegiatan pelatihan yang dilaksanakan ini memberikan manfaat bagi kemajuan dan kemandirian desa yang ada di Provinsi Riau.

"Kami juga berharap agar kita semua tetap terus bisa bekerja sama dalam rangka mengentaskan desa sangat tertinggal dan desa tertinggal, sekaligus meningkatkan kemajuan dan kemandirian desa yang ada di Provinsi Riau," katanya, Rabu (23/11/2022).

Masrul Kasmy menerangkan, upaya peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa-desa di Riau ini tentu tidak terlepas dari peran serta PLD yang sehari-hari melaksanakan tugas dan fungsi mendampingi dan memfasilitasi pemerintah desa dalam melaksanan pembangunan di pedesaan.

Mengingat bahwa PLD merupakan putra dan putri terbaik Riau yang juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun dan memajukan desa-desa yang ada di Provinsi Riau, sehingga Pemprov Riau merasa berkewajiban untuk membangun kesamaan persepsi melalui pelatihan ini.

"Sehingga apa yang menjadi harapan Pemerintah Provinsi Riau dan harapan pemerintah desa serta masyarakat dapat sama-sama kita wujudkan," ungkapnya.

Asistensi I Setdaprov Riau menuturkan, saat ini status Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Riau berada pada peringkat 17 dari 33 provinsi di Indonesia dengan status berkembang dan nilai IDM 0,7012.

Untuk itu menurut Masrul Kasmy, menjadi tugas bersama menuntaskan 24 desa sangat tertinggal dan 87 desa tertinggal yang ada di Provinsi Riau, sambil terus berupaya bersama-sama untuk meningkatkan status desa berkembang menjadi desa maju, dan meningkatkan status desa maju menjadi desa Mandiri.

"Kami meyakini bahwa semua (PLD) yang bertugas di pedesaan seluruh wilayah Provinsi Riau memiliki komitmen dan semangat yang sama dengan kami, dalam meningkatkan status kemajuan dan kemandirian desa-desa di Provinsi Riau," terangnya.

Pada kesempatan itu, Masrul Kasmy mengajak semua pihak untuk saling bersinergi dalam mendampingi dan memfasilitasi pemerintah desa dalam penggunaan dan pemanfaatan BKK desa agar dapat secara optimal mendorong kemajuan dan kemandirian desa di Provinsi Riau. ***