PEKANBARU - Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Riau Fraksi PAN terpilih, Mardianto Manan akan dilantik Senin (18/1/2021) sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Riau.

Mardianto yang merupakan PAW dari Komperensi yang maju di Pilkada Kuansing 2020 ini dilantik bersama dengan PAW Anggota DPRD Fraksi Demokrat, Zulkifli Indra yang menggantikan Asri Auzar. Asri sendiri mengundurkan diri karena ingin maju di Pilkada Rohil 2020.

Kepada GoRiau.com, Mardianto mengatakan dirinya sudah mengetahui jadwal pelantikan itu dan telah menerima undangan dari Sekretariat DPRD Riau sebanyak 15 lembar yang akan dia bagikan ke orang-orang terdekatnya.

"Iya saya sudah dikasih undangannya Jumat sore, ada 15 undangan, kata mereka ini terbatas karena kondisi pandemi covid-19 ini duduknya jadi berjarak-jarak," kata Mardianto, Sabtu (16/1/2021).

Meski agak kecewa dengan undangan yang terbatas ini, Mardianto mengaku hal tersebut jauh lebih baik daripada dia harus mengikuti pelantikan virtual layaknya wisuda online. Disamping dia juga berharap supaya kuota undangan ini bisa ditambah.

"Ya tidak apa-apa, daripada dilantik online. Kita maklum juga karena kita tidak mau juga pelantikan ini tersorot negatif hanya gara-gara ada kerumunan," sambung Dosen Universitas Islam Riau ini sambil tertawa.

Solusinya, lanjutnya, baik kerabat yang ada di Pekanbaru maupun yang di Kuansing yang tidak mendapatkan undangan ini akan menunggu di luar ruang paripurna sampai pelantikan usai.

"Tim-tim saya di Pileg dulu sudah saya kasih tahu kalau undangan ini terbatas, tapi mereka bilang tidak apa-apa karena mereka cuma mau nengok bagaimana gedung wakil rakyat itu dan mereka mau mengabadikan momen ini," tambahnya.

Terkait persiapan pribadi, Mardianto menegaskan dirinya tidak ada persiapan khusus, dimana dia hanya memakai pakaian yang ada saja, mulai dari kemeja, dasi, sepatu hingga jas.

"Saya ini kan sudah punya jas juga sebelumnya, jas itu jarang pula di pakai dan masih bagus, ya itu saja yang saya pakai besok. Mungkin saya cuma beli peci saja, karena peci saya itu ada bordirnya, jadi saya harus beli yang polos hitam, nanti sekalian pas nyebar undangan saja saya beli," tutupnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Riau, Muflihun mengatakan SK dari Kemendagri mengenai Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Riau asal PAN dan Demokrat telah diterima Sekretariat DPRD Riau.

Melanjutkan SK tersebut, jadwal sidang paripurna pelantikan PAW pun telah dibahas di Rapat Badan Musyawarah DPRD Riau. Disepakati sidang paripurna PAW akan dilaksanakan Senin pekan depan dengan menggunakan protokol kesehatan ketat.

"Hari Senin pelantikan untuk PAW dari PAN dan Demokrat. Pelantikan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat," ujar Muflihun, Jumat, 15 Januari 2021. ***