PEKANBARU - Kota Pekanbaru saat ini tidak lagi memiliki wilayah yang masuk zona merah penyebaran Covid-19. Namun, Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, angka penambahan kasus masih fluktuatif (naik turun, red).

Ia menjelaskan, pasca arus mudik dan arus balik mudik Natal dan Tahun Baru 2021 lalu, memang belum ada lonjakan kasus Covid-19. Angka kasus perharinya masih berkisar diangka 30 - 70 pasien.

"Angka positif memang masih fluktuatif, tetapi belum ada peningkatan tajam. Masih sama seperti sebelum libur tahun baru," kata Zaini, Kamis (7/1/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut bahwa Kota Pekanbaru sudah nihil zona merah penyebaran Covid-19. Namun, belum ada wilayah yang masuk dalam zona hijau atau terbebas dari penyebaran Covid-19.

"Kita sudah tidak ada lagi yang zona merah. Tetapi masih ada di zona kuning dan zona oranye, belum memasuki zona hijau," ujarnya, Kamis (7/1/2021).

Ia menjelaskan, berdasarkan kodefikasi kecamatan lama, yaitu 12 kecamatan yang ada sebelumnya, ada 7 wilayah yang berada di zona kuning dan 4 wilayah di zona oranye.

Ia menyebutkan, pihaknya akan kembali melakukan pemetaan zonasi penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru dalam waktu dekat. Hal ini untuk memastikan apakah sudah ada wilayah Kota Pekanbaru yang aman untuk dilakukan sekolah tatap muka.

"Kita masih menunggu dan melihat seperti apakah situasi pasca liburan Natal dan Tahun Baru 2021. Insya Allah akan kita lakukan pemetaan kembali persatu minggu lagi, untuk melihat dampaknya," paparnya.***