JAKARTA - Kontingen Indonesia mulai unjuk gigi. Kali ini, cabang atletik mempersembahkan medali emas lewat penampilan Suparniyati. Atlet tolak peluru putri kategori F20 itu menjadi peraih emas kedua untuk kontingen Indonesia pada Asian Para Games 2018.

Tampil di Stadion Atletik Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (8/10/2018), Suparniyati menyumbangkan emas setelah membukukan tolakan peluru sejauh 10,75 meter. Meskipun begitu, catatan Suparniyati belum memecahkan rekor Asia sejauh 11,03 meter atas nama dirinya.

Pada cabang para atletik nomor tolak peluru putri F20 Asian Para Games 2018, Indonesia juga mendapatkan perunggu. Medali perunggu pertama cabang para atletik Asian Games 2018 dihasilkan oleh Towards, dengan tolakan sejauh 6,44 meter.

Menurut pelatih Purwoko, Suparniyati memang ditargetkan meraih medali. Dan dia telah berhasil mewujudkannya. Purwoko berharap raihan ini jadi virus positif untuk atlet atletik lainnya.

"Medali emas pertama cabang atletik ini cukup membanggakan. Mudah-mudahan kesuksesan Suparniyati ini bisa menambah motivasi bagi atlet atlet yang bertanding untuk bisa mengikuti jejaknya," kata pelatih Purwoko. ***