SELATPANJANG - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Meranti mendapat bantuan operasional pendidikan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

RAPP melalui program pendidikannya menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu yang berada di wilayah sekitar operasional perusahaan tepatnya di Desa Bagan Melibur, kecamatan Merbau, Pulau Padang, Rabu (30/12/2020).

Bantuan tersebut diberikan ditengah pandemi Covid-19 yang telah melumpuhkan banyak hal, tak terkecuali sektor pendidikan seperti yang dirasakan mahasiswa STKIP Meranti kampus Nanda Al-Musoffa.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Syamsudin, SH MH yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutannya pada penyerahan bantuan operasional pendidikan oleh PT RAPP kepada STKIP Meranti menyatakan bahwa pendidikan tinggi yang laksanakan oleh STKIP Meranti sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyiapkan SDM yang unggul untuk membangun kabupaten Kepulauan Meranti ke depan.

"Diperlukan dukungan semua pihak, kerjasama dan saling bahu-membahu antara pemerintah dan swasta untuk kesuksesan pendidikan di daerah kita," ungkap Syamsudin.

Dia juga mengatakan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berasal dari wilayah operasional perusahaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat mahasiswa untuk terus menyerap ilmu tanpa banyak memikirkan persoalan finansial.

"Komitmen PT RAPP dalam meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak kami yang khususnya berasal dari keluarga tidak mampu sangat berarti. Program ini kami harapkan dapat meningkatkan kembali semangat mahasiswa yang sebelumnya mungkin terpikirkan dan adanya kendala pada finansial mereka," kata Syamsudin.

Sementara itu pendiri dan Pembina STKIP Meranti, Basiran SE MM, menerangkan bahwa STKIP tersebut didirikan untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri Kepulauan Meranti dan sekitarnya yang memiliki intelektualitas namun memiliki keterbatasan finansial untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas di luar kota.

"Sebagai lembaga pendidikan yang sedang berkembang, STKIP Meranti membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk PT RAPP untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan di kampus kami," kata Basiran.

Dalam kesempatan tersebut Stakeholder Relation Manager PT RAPP, Susilo Sudarman SHut MSi dalam pengantarnya menyatakan bahwa bantuan operasional pendidikan ini adalah sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap pembangunan masyarakat di wilayah operasional di Pulau Padang, terutama untuk kemajuan pendidikan yang mendukung pembangunan kabupaten Kepulauan Meranti di masa yang akan datang.

Dikatakan program beasiswa ini juga menjadi salah satu program unggulan. Dengan adanya beasiswa maka itu sama dengan mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses pendidikan.

"Ini merupakan bagian dari kepedulian kami terhadap sektor pendidikan di Kepulauan Meranti terutama yang berada di wilayah konsesi. Pemberian beasiswa ini merupakan investasi untuk daerah dalam bidang sumber daya manusia. Dengan pemberian beasiswa ini, diharapkan mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan bisa bermanfaat bagi orang lain," ungkapnya.***