MAKASSAR - Partisipasi Klub PSM Makassar di Piala AFC 2019 sudah pasti tidak bisa ditonton langsung warga Makassar di Stadion Mattoangin, Sulawesi Selatan. Hal itu karena PSM mengajukan Stadion Pakansari, Kab. Bogor, sebagai markas untuk ikut kompetisi kasta kedua di Asia tersebut.

Sejak awal, PSM memang memasukkan Stadion Pakansari, sebagai verifikasi untuk kelayakan bermain di kompetisi Asia. Alhasil warga Makassar harus bersabar dengan kenyataan itu.

Apalagi Stadion Mattoangin memang tidak memenuhi persyaratan untuk menggelar pertandingan internasional. Di kompetisi LIGA 1 2018 kemarin, PSM juga tidak bisa bermain di Mattoangin, jika pertandingan digelar pada malam hari.

"Semua berkas persyaratan untuk mengikuti Piala AFC 2019 sudah dikirim. Termasuk catatan perbaikan yang harus diselesaikan kalau PSM ingin mendapatkan lisensi penuh sebagai klub profesional," ujar Andi Widya Syadzwina, Sekretaris PSM.

Musim 2019 PSM berhak mewakili Indonesia di Piala AFC. Itu karena Pasukan Ramang berhasil finis sebagai runner-up LIGA 1 2018.

PSM tidak sendirian mewakili Indonesia bermain di kompetisi Asia. Juara musim 2018, Persija, akan turut serta, bahkan bermain di kualifikasi Liga Champions Asia.

Kalau Persija gagal menembus babak utama Liga Champions Asia, maka turun bermain di Piala AFC bersama-sama PSM. ***