JAKARTA - Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Timnas U-16 India pada laga terakhir babak penyisihan Grup C Piala AFC U-16 malam ini. Skuad asuhan Fakhri Khusaini tampaknya akan menghadapi tembok tebal pertahanan lawan. Dan jika menang, maka dipastikan Indonesia akan mendapat tiket lolos ke Piala Dunia U-17 di Peru.

Pelatih India, Bibiano Fernandes mengakui kekuatan serangan Timnas U-16 Indonesia. Karena itu, dia menyatakan bahwa timnya akan bermain bertahan penuh selama 90 menit.

"Mereka (Indonesia) punya pemain dengan stamina fit dan sangat kuat dalam serangan, tapi akan menunjukkan bagaimana bagusnya kami pada laga ketiga besok serta bagaimana kami akan bertahan selama 90 menit pertandingan," kata Bibiano seperti dilansir laman AFC.

Dia optimis lini belakangnya akan bisa meredam serangan Timnas U-16 Indonesia yang dimotori oleh Amirrudin Bagus Kaffi, M Supriadi dan Amanar Abdillah. Pasalnya, dia menilai anak asuhnya terus tampil lebih baik seiring berlangsungnya turnamen Piala AFC U-16.

"Kami jadi makin baik dan membaik seiring berjalannya turnamen. Kesalahan yang terjadi saat melawan Vietnam, tak terjadi saat melawan Iran," kata Bibiano.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa timnya akan tetap mencoba mencuri kemenangan lewat serangan balik. Pada laga melawan Iran Senin kemarin, India hampir berhasil meraih kemenangan jika saja tiga peluang mereka lewat serangan balik di penghujung pertandingan bisa berbuah gol.

Kemenangan menjadi incaran Timnas U-16 karena hal itu akan bisa membuat mereka meraih posisi puncak klasemen Grup C. Artinya, mereka akan menghadapi lawan yang lebih ringan di babak 8 besar.

Meskipun mengakui mencuri kemenangan atas Timnas U-16 tak mudah, Bibiano menyatakan bahwa mereka siap menghadapi tantangan itu.

"Kami selalu bermain untuk menang dan kami akan melakukan hal sama melawan Indonesia. Kami tahu posisi tim di klasemen sementara Grup C, akan lebih menguntungkan kami jika kami mendapat kemenangan dan meloloskan diri sendiri. Kami tak mau bergantung pada tim lain agar kami bisa lolos," ujarnya.

"Tapi, memang hal itu tak mudah. Indonesia tim yang sangat efisien dalam hal serangan dan memiliki penyerang yang cepat dalam serangan balik. Kami harus berada di level terbaik jika ingin lebih baik dari mereka di laga nanti."

"Di lapangan kami sadar tantangan yang akan diberikan Indonesia dan kami siap menghadapi mereka," lanjutnya.

Baik Timnas U-16 Indonesia maupun India sebenarnya hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 8 besar Piala AFC U-16 kedua tim kini sama-sama mengantongi 4 angka dari 2 laga sebelumnya. Hanya saja Timnas U-16 Indonesia unggul dalam hal selisih gol.***