JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid mengatakan, kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan nama calon Kapolri pengganti Idham Azis pada Rabu (13/1) besok ke DPR.

Hal ini mengingat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akan habis masa baktinya pada 25 Januari 2021 mendatang. Sehingga Presiden Jokowi akan secepatnya memberikan nama calon Kapolri tersebut ke DPR.

"Hemat saya, mungkin Rabu (13/1) keramat itu, kita tunggu saja. Semoga yang terbaik yang diusulkan dan dipilih jadi Kapolri," ujar Gus Jazil, sapaan akrabnya kepada wartawan, Selasa (12/3/2021).

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, kemungkinan besok nama calon Kapolri namanya lantaran Rabu selama ini identik dengan Presiden Jokowi.

"Rabu Wage lebih bagus itungannya, neptunya sebelas. Itungannya Rabu angkanya 7 dan Wage angkanya 4, dijumlah jadi neptunya angka 11. Itu ilmu jawa, ilmu titen namanya bersumber dari kebiasaan alam dan manusia," katanya.

Gus Jazil juga mengaku Listyo Sigit adalah calon Kapolri baru tersebut. Listyo saat ini adalah calon kuat untuk menduduki kursi puncak Korps Bhayangkara. "Insya Allah satu nama, Pak Listyo Sigit calon kuat," katanya.

Namun demikian, Gus Jazil mengaku pernyataannya soal Listyo akan menjadi calon tunggal dan nama yang diusulkan Presiden ke DPR, tidak bermaksud mendahului Tuhan dan Presiden Jokowi ini.

"Sekali lagi saya menyampaikan ini, tanpa bermaksud mendahului takdir Allah dan ketentuan Presiden," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Kompolnas Mahfud MD memaparkan kelima calon penerus kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis, seluruhnya menyandang bintang tiga.

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, kemudian Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar.

Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.***