PEKANBARU - Pelaksanaan Olimpiade ke-7 Ekonomi se-Riau yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) yang berlangsung sejak tanggal 11 Februari sampai 15 Februari 2019, resmi di tutup dengan pembacaan pemenang dari setiap cabang perlombaan.

Dalam Olimpiade Ekonomi kali ini peraih juara umum dalam cabang lomba tingkat SMP diraih oleh SMP Darma Loka Pekanbaru.

Sedangkan untuk tingkat SMA dan SMK sederajat diraih oleh SMAN 8 Pekanbaru dengan memborong juara 1 untuk 3 cabang lomba, juara 2 pada 2 cabang lomba, terakhir meraih harapan 1 dan 5.

Menurut guru pembimbing SMAN 8 Pekanbaru Siti Fauziah, ia sangat senang atas capaian yang telah diraih oleh siswanya yang menjadi juara umum tingkat SMA dan SMK sederajat. Ia juga mendukung setiap olimpiade ini karena yang mengikuti kompetisi adalah siswa tingkat X dan XI.

"Olimpiade ini bagus sebagai meningkatkan eksistensi diri anak, karena yang ikut siswa baru. Dari olimpiade yang mereka ikuti ini, mereka nantinya dapat menunjukan prestasi di tingkat SMA," kata Fauziah di Unri, Kamis (14/2/2019).

Selain SMP Darma Loka Pekanbaru dan SMAN 8 Pekanbaru yang mendapatkan juara umum. Untuk khusus cabang lomba teori kejuruan yang meraih juara 1 adalah SMKN 1 Pekanbaru. Sedangkan untuk cabang lomba Siklus Akuntansi juara 1 diraih oleh SMK Pembangunan Baganbatu.

Penutupan Olimpiade Ekonomi ini ditutup oleh Ketua Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Dr Sumarno M.Pd M.Si mengucapkan terimakasih kepada seluruh sekolah dan panitia atas partisipasinya mudah-mudahan dapat meningkatkan daya saing di dunia pendidikan.

"Generasi muda yang mandiri dan berdaya saing menyongsing era revolusi 4.0 yang sedang berjalan. Olimpiade ini bukan untuk mencari juara, tapi untuk meningkatkan kompetensi kemampuan dalam menghadapi revolusi ini," kata Sumarno saat memberi kata sambutan.

Selain itu, Sumarno juga mengucapkan selamat kepada peserta yang mendapat juara, serta memberikan motivasi bagi peserta yang belum mendapatkan juara, karena kesempatan dalam olimpiade ini nantinya akan dilaksanakan setiap tahun. ***