SELATPANJANG – Sekolah Luar Biasa (SLB) Sekar Meranti, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau menyulap lahan kosong menjadi kebun sayuran.

Lahan kosong yang berada di belakang sekolah yang pernah dikunjungi Kak Seto dengan nama lengkapnya Seto Mulyadi selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) itu ditanam berbagai jenis tumbuhan seperti bayam, sawi, kangkung, kacang panjang, timun, terong, tomat, pare, labu madu, daun soap, cabe rawit, kunyit dan jahe merah.

Kepala SLB Sekar Meranti, Syafrizal mengungkapkan bahwa pemanfaatan lahan kosong tersebut bertujuan untuk meningkatan jiwa kewirausahaan bagi peserta didik di sekolah dan meningkatkan kecintaan peserta didik pada bidang pertanian.

"Tentunya diperlukan kesadaran bersama termasuk peserta didik untuk dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekolah yang dimanfaatkan dengan menanam tanaman yang bisa menghasilkan," ungkap Syafrizal, kepada GoRiau.com, Selasa (7/2/2023).

Menurut mantan Ketua Special Olympics Indonesia atau (SOIna) Kepulauan Meranti itu pula, pemanfaatan lahan kosong tersebut karena prihatin selama ini melihat lahan kosong dibiarkan begitu saja.

"Sayang, kalau lahan kosong tersebut tidak kita manfaatkan. Nanti malah jadi semak belukar," ujarnya.

Dijelaskan Syafrizal, pihaknya mulai melakukan penanaman terhadap lahan kosong dengan luas 10x25 meter itu sejak awal Januari 2023 ini.

"Siswa yang ikut sesuai dengan skill-nya di bidang pertanian. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik dan kedepannya bisa dikembangkan lagi," harapnya.***