PEKANBARU - Sivitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri) melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan di Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Menurut Adlin, dosen Fisip Unri, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 7 November 2020 silam. Dimana, tak hanya dosen tapi juga mahasiswa ambil bagian pada kegiatan ini.

"Kegiatan ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk kepedulian dan upaya memutus penyebaran Covid-19," ujar Adlin, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan Adlin, pihaknya sengaja memilih Desa Salo Timur sebagai pusat kegiatan. Sebab, di desa ini terdapat objek wisata berupa Sungai Hijau. Selama pandemi Covid-19, Sungai Hijau menjadi salah satu pilihan masyarakat Riau untuk berlibur.

Mahasiswa dan dosen Fisip melakukan kampanye protokol kesehatan (prokes), mulai dari pemasangan spanduk di kantor desa dan baliho di beberapa titik, terutama objek wisata Sungai Hijau.

"Banner dan baliho ini berisi ajakan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kemudian, kalau bisa menghindari kerumunan," ujar Adlin.

Tidak hanya itu, sivitas akademika Fisip Unri juga membagikan ratusan masker kepada warga yang sedang berwisata di Sungai Hijau.

"Kegiatan ini sebagai pengingat bagi masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan prokes dalam berwisata," ujar Adlin.

Sementara itu, Tukiran selaku Kades Salo Timur mengapresiasi kegiatan yang dilakukan sivitas akademika Fisip Unri. Ia berharap, kegiatan seperti ini tetap berlanjut di desanya, sehingga kesadaran masyarakat semakin tinggi.***