JAKARTA - Pelatih Klub PSM Makassar, Darije Kalezic mengatakan sepakbola bisa menyatukan Indonesia. Pernyataan itu menanggapi isu rasis yang baru-baru terjadi.

Menurut pelatih asal Bosnia ini, sepak bola adalah olah raga paling populer di Indonesia, sehingga efeknya sangat besar. Bukan hanya melibatkan pemain, pelatih dan ofisial, tapi seluruh elemen, termasuk suporter.

"Apa yang terjadi di Papua saya katakan ini adalah hal yang kurang baik untuk semua orang. Dan, saya harap ini selesai dan tidak terulang lagi" kata Kalezic.

Dia menegasakan, sportivitas sudah ditunjukkan di lapangan. Apa yang terjadi selama 90 menit tidak mempengaruhi hubungan di luar lapangan.

"Tentu saja sepakbola adalah olahraga paling populer di Indonesia dan ini efeknya sangat besar. Dan, saya kira apa yang kita tunjukkan dalam sepakbola bisa jadi sarana yang penting, dan berdampak positif buat Indonesia," ucap Kalezic lagi.

Hal itu juga yang membuat Kalezic yakin, laga antara PSM Makassar kontra Persija Jakarta akan berlangsung kondusif. Sekaligus menepis anggapan, jika timnya akan mendapat perlakuan buruk selama pertandingan.

"PSM Makassar tidak pernah diberikan pengamanan lebih di stadion manapun di Indonesia. Itu karena suporter kami tidak melakukan hal buruk. Soal pengamanan, itu bukan tugas saya itu tugas panpel," tandasnya. ***