SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menggelar zikir dan doa bersama sempena hari ulang tahun (HUT) nya yang ke-12 tepatnya pada 19 Desember 2020.

Kegiatan sebagai bentuk rasa syukur tersebut dikemas dengan kegiatan silaturahmi ini dihadiri langsung oleh Wabup H Said Hasyim, bertempat di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Kamis (17/12/2020) malam.

Turut hadir, Sekda H Kamsol MM, Kajari Meranti, Budi Rahardjo SH MH, Anggota DPRD Meranti, M Amin, Asisten III Setdakab Meranti, H Rosdaner, Perwakilan Polres Meranti, Kompol Amir Husin, Ustadz H Fauzy, Para Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab Meranti, tokoh agama dan masyarakat serta lainnya.

Sekedar informasi, kegiatan peringatan hari jadi Meranti ke-12 tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya dimana Pemkab Meranti biasanya menggelar acara kenduri masal, pameran Ekspo yang dikemas dengan konser musik hiburan rakyat. Namun kali ini karena pertimbangan pandemi Covid-19 yang menuntut penerapan protokol kesehatan secara ketat kegiatan HUT Meranti kali ini hanya digelar sederhana yakni dengan acara zikir dan doa bersama, meski sederhana namun tidak menghilangkan kehikmatan dan semangat dari peringatan hari paling bersejarah bagi Meranti tercinta ini.

Kegiatan zikir dan doa tersebut diawali dengan buka bersama dimana bagi masyarakat dan jamaah yang berpuasa panitia menyediakan menu berbuka berupa nasi kotak yang dapat dinikmati gratis.

Usai sholat Magrib berjamaah kegiatan dilanjutkan dengan zikir dan doa bersama yang dipandu oleh Al Ustadz Jufri, sebelum zikir, Ustadz Jufri berkesempatan memberikan tausiah singkat yang intinya mengajak segenap masyarakat Meranti untuk mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk Meranti selama ini. 

Kemudian agar nikmat itu berkekalan ia mengajak masyarakat untuk senantiasa bahu membahu membangun Meranti dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Karena segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia itu akan dinilai oleh Allah dan akan menjadi ukuran derajat seseorang dimata Allah.

"Mari kita berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk kemaslahatan umat dan kemajuan negeri Meranti ini karena Allah SWT tidak menilai orang dari jabatan dan kekayaan tapi dari apa yang ia perbuat," ucap Al-Jufri.

Menyikapi kegiatan itu, Wakil Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah mensukseskan kegiatan ini. Menurutnya pelaksanaan zikir dan doa bersama ditengah Pandemi Covid-19 sudah tepat jika dibanding dengan pergelaran koser hiburan rakyat yang tentunya berpotensi menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan.

Dan melalui kegiatan ini, setiap masyarakat dapat merenungi dan mensyukuri atas segala nikmat yang telah diberikan Allah dengan bersama-sama memanjatkan doa untuk Meranti lebih baik lagi kedepan.

"Mari bersama-sama kita berdoa agar Kabupaten Meranti terus diberikan keberkahan oleh Allah dan lebih baik lagi kedepan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Said Hasyim diakhir kepemimpinanya sebagai Wakil Bupati juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan jemaah yang memadati masjid Agung Darul Ulum, karena menurutnya sebagai manusia tentu tak terlepas dan salah dan khilaf namun satu hal yang pasti ia telah berupaya untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan Meranti.

Selanjutnya kegiatan zikir dan doa bersama yang berlangsung hikmat dan penuh nuansa silaturahim itu ditutup dengan acara salam-salaman antara jajaran forkopimda, Pemkab Meranti dan masyarakat.***