PEKANBARU - Jelang pemilihan umum (Pemilu) 2019, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA Unri) mengeluarkan pernyataan sikap sebagai organisasi independen, dan netral dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, ada Paguyuban Ikatan Alumni Unri menyatakan dukungan dan deklarasi untuk calon Presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Sementara itu, Ketua IKA Unri, Ahmad Hijazi melalui Sekretaris Umum IKA Unri, Fendri Jaswir mengatakan, bahwa Pemilu adalah suatu proses demokrasi yang wajib dijunjung tinggi demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Dimana, setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk melaksanakan proses demokrasi tersebut dengan sebaik-baiknya dengan menerapkan prinsip-prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

Ia mengatakan, bahwa IKA Unri sampai saat ini adalah satu-satunya organisasi alumni Unri yang diakui dan disahkan oleh Rektor Universitas Riau. IKA Unri juga organisasi kemasyarakatan yang bersifat independen dan kekeluargaan (Pasal 5 Anggaran Dasar IKA Unri).

Sehubungan dengan itu, setelah mencermati perkembangan yang ada di masyarakat, khususnya alumni Universitas Riau, dalam menghadapi Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, maka IKA Unri menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

Pertama, IKA Unri mendukung terselenggaranya Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 secara langsung, lancar, aman, damai dan sukses.

Kedua, IKA Unri menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, hak azasi dan hak politik, harkat dan martabat serta independensi para alumni Unri.

Ketiga, IKA Unri mengajak seluruh alumni Unri untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam keberagaman didalam bingkai NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

"Sebagai organisasi kemasyarakatan yang bersifat independen dan kekeluargaannetral bersikap netral dalam Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019," kata Fendri kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Selasa (15/1/2019).

Kemudian, IKA Unri mengimbau kepada seluruh alumni Universitas Riau untuk tidak mengatasnamakan alumni Unri dalam hal memberikan dukungan terhadap kontestan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. ***