JAKARTA - Selamat tinggal dan sayonara BSU. Sambutlah bansos BSA 2023, dapat Rp 800 ribu cair Januari di Kantor Pos. 

Para pekerja yang masih mengharapkan Bantuan Subsidi Upah alias BSU 2023 cair sebaiknya menutup asa itu rapat-rapat. BSU 2023 tidak dilanjutkan oleh pemerintah, gantinya ada BSA yang sudah mulai dicairkan Rp 800 ribu di bulan Januari 2023.

Pada tahun 2022, pemerintah gencar mencairkan BSU sebesar Rp 600 ribu untuk para pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta.

Pencairan BSU dilakukan melalui bank Himbara. Belakangan para penerima BSU yang tidak memiliki bank Himbara mendapatkan kesempatan mengambil dana bansos sebesar Rp 600 ribu di Kantor Pos tanpa potongan apapun.

Sayangnya, BSU tidak dilanjutkan di tahun 2023 ini. Hal tersebut telah dikonfirmasi secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu.

Meskipun BSU 2023 dicoret, ada beberapa bansos yang tetap dilanjutkan di tahun 2023 dan ada beberapa bansos baru yang bakal digulirkan. Salah satu bansos baru adalah BSA 2023. Mari kita berkenalan dengan si bansos baru BSA 2023, yuk!

Apa Itu BSA 2023? BSA adalah kependekan dari Bantuan Sembako Adaptif. Bansos ini berbeda dengan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT reguler yang telah dicairkan sejak tahun sebelumnya.

Bansos BSA diberikan kepada para Keluarga Penerima Manfaat atau KPM yang terdaftar sebagai penerima PKH. Namun, tidak semua penerima PKH menerima BSA, hanya KPM pilihan yang memenuhi syarat khusus saja yang berhak mendapatkan BSA 2023.

Sebagai contoh di Kabupaten Banyuwangi hanya sebanyak 600 ribu KPM saja yang mendapatkan BSA 2023. Nantinya, pencairan dana bansos BSA 2023 akan dilakukan di Kantor Pos. Alur pencairan BSA sama seperti pencairan bansos lainnya yang diambil di Kantor Pos.

Ada tiga kelompok KPM yang akan menerima bansos BSA 2023 di Kantor Pos, antara lain:

1. Penerima BSA 2023 saja sebesar Rp 600 ribu

2. Penerima BSA 2023 sebesar Rp 600 ribu ditambah dengan bansos Atensi Yapi sebesar Rp 200 ribu, total mendapatkan Rp 800 ribu

3. Penerima bansos Atensi Yapi saja sebesar Rp 200 ribu

Sebagai informasi, bansos Atensi Yapi adalah bansos yang diperuntukkan bagi anak yatim dan piatu. Program bansos ini menjadi program prioritas Kementerian Sosial.

Kapan Bansos BSA dan Atensi Yapi 2023 Cair?

Jadwal pencairan bansos BSA dan Atensi Yapi 2023 sudah dimulai sejak akhir Desember 2022 lalu hingga 4 Januari 2022. Dana bansos bisa diambil di Kantor Pos terdekat. Namun, karena banyak penerima yang belum mengambil dana bansos BSA dan Atensi Yapi 2023 ini, maka Kantor Pos memperpanjang masa pencairan hingga 9 Januari 2023.

Pola penyaluran bansos BSA dan Atensi Yapi 2023 dilakukan dengan cara petugas mengantarkan langsung ke alamat penerima atau dengan sistem door to door. Namun, tidak menutup kemungkinan jika penerima ingin mengambil langsung ke Kantor Pos.

Cara Mencairkan Bansos BSA dan Atensi Yapi 2023

Bagi KPM yang telah ditetapkan sebagai penerima BSA 2023 bisa langsung mendatangi Kantor Pos dengan membawa dokumen persyaratan berupa KTP dan KK asli. Nantinya petugas Kantor Pos akan melakukan verifikasi data dan memeriksa masuk dalam kelompok penerima yang mana. Apakah hanya mendapatkan BSA saja, atau BSA dan Atensi Yapi atau hanya Atensi Yapi saja.

Setelah itu petugas akan memberikan dana bansos sesuai dengan kelompok yang terdaftar. Khusus untuk penerima Atensi Yapi, selain membawa KTP dan KK asli, penerima juga wajib didampingi oleh pengampu yang dilengkapi dengan surat keterangan pengampu dari pemerintah setempat atau yayasan yatim piatu.

Pasalnya, penerima bansos Atensi Yapi adalah anak-anak di bawah umur sehingga harus didampingi oleh orang dewasa saat pengambilan bansos. Setelah itu, saat pembayaran petugas akan memotret surat keterangan pengampu, KTP dan KK serta penerima bansos bersama dengan pengampunya. Itu tadi penjelasan lengkap mengenai bansos pengganti BSU, yakni BSA 2023 dimana penerima manfaat bisa mendapatkan Rp 800 ribu yang diambil di Kantor Pos.***