PEKANBARU - Progres konstruksi Jalan Tol Permai sudah mencapai rata-rata 90 persen, Jalan Tol Permai membentang sepanjang 131 km, menghubungkan Kota Pekanbaru hingga Dumai.

Jalan Tol Permai ini dilengkapi 6 underpass untuk perlintasan gajah, 16 Jembatan, 4 simpang susun, serta 7 Gerbang Tol PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor pelaksana Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai (Jalan Tol Permai) sekaligus anak perusahaan dari PT Hutama Karya (Persero) (HK), sedikit lagi merampungkan konstruksi Jalan Tol Permai.

Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti menyampaikan bahwa progress konstruksi Jalan Tol Permai secara keseluruhan sudah mencapai rata-rata 90%.

Lebih lanjut Aji Prasetyanti menerangkan untuk Seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km, progress konstruksi sudah 100%.

"Adapun Seksi 2 Minas-Kandis Selatan sepanjang 24,10 km, progress konstruksi untuk saat ini sekitar 89,83%" jelas Aji kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Kamis (20/2/2020).

Aji menambahkan untuk seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara sepanjang 16,95 km, progress konstruksi 83,72%, seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan panjang 26,5 km, progress konstruksi 88,77%, seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara panjang 29,45 km, progress konstruksi 90,12%.

"Seksi 6 Duri Utara-Dumai panjang 25,44 km, progress konstruksi kini mencapai 82,97%", kata Aji.

Jalan Tol Permai memiliki panjang total 131 km, dan dibagi menjadi 6 seksi yang menghubungkan Pekanbaru, Kandis, Duri hingga Dumai. Tol Permai memiliki fitur unik karena di dalamnya turut dibangun enam underpass untuk perlintasan kawanan gajah. Perlintasan pertama berada di Sungai Tekuana yang lokasinya berdekatan dengan Jalan Tol Permai Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan), yang mana posisinya tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah sumatera liar. Sedangkan lima perlintasan lainnya berada di Jalan Tol Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan), dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

"Selain ada underpass untuk gajah, pembangunan Jalan Tol Permai juga memiliki tantangan lain karena di beberapa titik terdapat persinggungan dengan pipa minyak dan gas serta jaringan listrik (powerline) milik PT CPI (Chevron Pacific Indonesia). Alhamdulillah, meski begitu, semua bisa berjalan lancar," terangnya lagi.

Tol Permai memiliki 16 Jembatan, 4 simpang susun, dan 6 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Dumai, Riau. Tol dengan lebar lajur utama sebesar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan 7 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Pekanbaru, GT Minas, GT Kandis Selatan, GT Kandis Utara, GT Duri Selatan, GT Duri Utara, GT Dumai. ***