PEKANBARU – Pekanbaru kaya akan ragam kuliner, berbagai menu kuliner khas ada di Kota yang juga menjadi ibukota Provinsi Riau ini. Salah satunya adalah adalah menu yang menyajikan kepiting sebagai menu utama.

Tempat kuliner yang diberi nama Sarang Kepiting di kota ini ada di beberapa lokasi HR Subrantas, Panam dan Jalan Sutomo.

Di kota ini, makanan yang satu ini memang banyak digemari bagi pecinta kuliner, selain dari rasanya yang enak dan juga gurih, makanan dari binatang laut ini juga susah ditemukan di rumah makan pada biasanya.

Sedikit penjelasan mengenai apa pengertian dari seafood itu sendiri merupakan sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing maupun hasil budidaya. Diantaranya seperti udang, cumi cumi, kerang, kepiting maupun jenis ikan lainnya

Makanan seafood sejenis kepiting ini tidak lah mudah didapatkan. Hal inilah yang menjadikan seafood yang satu ini menjadi makanan mewah, yang lebih banyak disajikan di restoran ketimbang rumah makan kaki lima kebanyakan.

Di Pekanbaru sendiri sudah ada yang membuka rumah makan khusus sarang kepiting yang didirikan oleh Asmadi tepatnya di Jl. Sutomo. Karena banyaknya peminat dan juga suara dari pelanggan Asmadi, pun langsung membuka cabang di Jl Raya Subrantas No 98, Sudomulyo Barat Tampan Kota Pekanbaru Riau.

Cabang dari Sutomo yang berada di ruas Jl HR subrantas ini juga banyak menyediakan fasilitas tempat duduk bagi para pengunjung yang mampir. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau dan mempunyai ruangan yang cukup luas yang dapat menampung ratusan pengunjung dengan sepuluh karyawan yang dipekerjakan disana.

Rumah makan Sarang Kepiting juga menyediakan banyak menu makanan tersendiri tak hanya jenis seafood, tapi ayam penyet, bebek goreng dan hati ampela juga tersedia disini

Begitu juga dengan makanan pelengkap lainnya seperti sayur cah kangkung, tahu, tempe dan juga beraneka ragam jus yang disediakan

Dalam seporsinya dapat dihargai Rp 65.000 tergantung dari seberapa berat timbangan dari masing masing kepitingnya.

Salah seorang karyawan rumah makan sarang kepiting Ijai mengatakan setiap harinya mereka membeli kepiting dalam jumlah besar, kepitingnya sendiri dibeli di Pasar Bawah, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

Untuk menu favorit disini biasanya pengunjung lebih sering memesan kepiting asam manis dan kepiting saus pedas yang juga menjadi menu andalan disini.

Rumah makan ini dibuka dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam, bagi kalian yang tinggal di daerah Panam dan sekitarnya silahkan mencoba menu andalan rumah makan Sarang Kepiting yang tepatnya berada di Jalan HR Subrantas Kota Pekanbaru. ***