MALANG - Sebanyak 12 laga sudah dimainkan oleh Arema FC di Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019. Tetapi, tidak sekalipun kiper Sandy Firmansyah pernah dimainkan oleh Singo Edan.

Arema FC selama ini memberi kepercayaan kepada Utam Rusdiana dan Kurniawan Kartika Ajie untuk berada di bawah mistar. Keduanya mendapat jatah bermain secara bergantinan.

Pelatih kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah, angkat bicara mengapa Sandy belum pernah dimainkan. Menurutnya, semua keputusan diambil beradasar evaluasi hasil latihan.

"Kenapa belum bermain? Kita untuk menentukan itu kan melihat apa yang terjadi di latihan. Setiap latihan kita menjadi acuan dan kita punya catatan," ucap Yanuar.

"Jadi, bukan tidak main, belum main. Semua punya kesempatan yang sama untuk bermain," imbuh pelatih yang karib disapa Begal tersebut.

Sementara itu, terkait minimnya Arema FC mencatat clean sheet di Shopee Liga 1, Begal tidak menyalahkan kiper. Menurutnya, ada banyak hal yang membuat sebuah tim mencatat clean sheet.

"Kenapa bisa clean sheet? Itu kan bukan hanya kiper. Ada pemain lain juga. Cara pandang kami beda. Kalau kami yang penting kiper main bagus, entah menang atau kalah," ucapnya.

Arema FC sejauh ini hanya mampu mencatat sekali clean sheet di ajang Shopee Liga 1 2019, dari 12 laga yang dimainkan. Catatan clean sheet itu terjadi pada laga kontra Semen Padang. ***

Ads