SIAK SRI INDRAPURA - Masyarakat Siak, Riau yang masuk dalam daftar pemilih pada Pemilu 2019 ini sejak pagi tadi sudah berdatangan ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Sayangnya, masih ada yang kebingungan saat masuk bilik suara.

Pantauan GoRiau.com di TPS 6 Jayapura, Kecamatan Bungaraya, Siak, sejumlah warga yang berada di dalam bilik suara memanggil petugas Pemilu. Warga mengaku bingung dengan 5 lembar surat suara yang dipegangnya. 

Ia mengaku tidak tahu lima lembar kertas surat suara dengan warna petunjuk berbeda, yang peruntukannya  menentukan presiden/wakil presiden, anggota DPR, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Panitia pemilu yang bertugas memberikan arahan atau petunjuk dari masing-masing lembar surat suara. Tentunya disaksikan  sejumlah oleh sejumlah saksi di TPS tersebut, guna memastikan petugas Pemilu serentak 2019 netral dalam menyampaikan informasi.

Ads
Demikian juga pengakuan Paiman, warga Jayapura saat berada di luar ruang pencoblosan. "Susah kalau milih caleg, namanya banyak banget jadi bikin pusing. Kalau kertas suara presiden asa fotonya, jadi gampang milihnya," kata Paiman.

"Pemilu serentak ini kan baru percobaan ya?, kalau nanti ga lancar mudah-mudahan kembali lagi seperti sebelumnya. Lebih jelas siapa yang mau dipilih saat dalam bilik suara," katanya menyampaikan pendapat sebagai masyarakat biasa. 

Demikian juga di TPS 11 Kampung Dalam, Kecamatan Siak, masih banyak warga yang berdiri tepat di depan papan pengumuman daftar nama caleg beserta fotonya. Salah satunya, Masram yang merupakan warga setempat. 

"Saya bingung, ga tau mau pilih siapa. Apalagi nanti tidak ada foto caleg ya. Siapa ya yang harus dipilih? Ga ada yang saya kenal," kata Masram dengan mimik wajah yang datar saja. 

Wanita paruh baya itu mengaku bersrmangat datang ke TPS karena ingin memberikan suaranya untuk calon presiden dan wakil presiden. Sedangkan untuk calon legislatif tidak ada yang ia kenal atau ketahui. 

"Makanya mau saya lihat-lihat dulu, nanti pilih siapa. Kalau lihat fotonya mungkin tau saya mau pilih siapa, tapi suratnya tidak pakai foto. Cuma ada foto presiden dan calon wakil presiden saja," ujar Masram.***