BAGANSIAPIAPI - Baznas Rokan Hilir, Rabu (22/7/2020) menyalurkan zakat kepada mustahak yang berhak menerima. Zakat yang disalurkan diantaranya berupa modal usaha untuk pedagang keci sebesar Rp2,5 juta, bagi keluarga tak mampu berupa voucher belanja Rp2 juta ditambah uang tunai Rp500.000.

Penyerahan zakat ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak antrian.

Ketua Baznas Rohil H Baharudin didampingi staf H Mursadi menyebutkan, pihaknya telah meminta penerima yang datang wajib memakai masker.

''Kita wajib mematuhi patuhi protokol kesehatan, kita  sediakan tempat cuci tangan, air dan sabun,'' jelas Baharudin.

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno saat penyerahan secara simbolis mengatakan, zakat tersebut juga disalurkan berupa obat, beasiswa, korban kebakaran, rehap rumah fakir miskin termasuk yang terimbas Covid-19.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tahun 2020 ini Baznas Rohil mengubah sistem tunai kepada bahan sembako dengan total Rp2 juta agar tidak disalahgunakan.

Suyatno menyebutkan Baznas Rohil berada pada posisi ketiga sebagai kabupaten dan kota dalam pengumpilan zakat terbanyak.

''Alhamdulillah, Rohil punya Perda Zakat. Terimakasih kepada mustahak zakat,'' sebutnya tentang kinerja Baznas Rohil.

''Bantuan tetap Rp2,5 juta untuk penerima namun Rp500.000 dalam bentuk tunai dan Rp2 juta dalam bentuk voucher belanja,'' sebut staf Baznas H Mursadi. ***