JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah di Papua, untuk membantu anggota KKB yang kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, dan memggerakkan mereka dalam memanfaatkan potensi Papua untuk kesejahteraan rakyat Papua.

"Tolong kepala-kepala daerah juga betul-betul manfaatkan maksimal untuk pembangunan sehingga terbuka lapangan kerja. Potensi alam Papua ini sungguh luar biasa, apalagi sumber daya manusianya, ini akan cepat maju ini. Ini adalah pulau yang termasuk sumber daya alamnya melimpah. Yang bisa menjadi modal bagi masyarakat Papua. Kalau semua sudah bekerja seperti di Papua Barat maka saudara-saudara kita ini kita harapkan mereka turut juga membangun daripada membunuh orang lain," kata Tito.

Hal itu disampaikan Tito dalam konferensi pers usai menghadiri acara rapat bersama Forkopimda Provinsi Papua terkait situasi politik terkini, pendisiplinan masyarakat untuk taat protokol kesehatan Covid-19, dan terlaksananya program objek vital nasional di Papua, Rabu (22/7/2020), kemarin.

Mendagri Tito menegaskan, pemerintah (berbagai kementerian terkait) menaruh perhatian pada kemajuan pembangunan di Papua dan telah menyiapkan skema untuk memajukan Papua.

"Istilahnya keroyokan untuk membantu percepatan pembangunan di Papua, di bidang pendidikan, kesehatan, yang wajib-wajib hukumnya, kemudian infrastruktur termasuk jalan trans Papua. Kemudian pertanian, perikanan, perternakan, perkebunan. Semua kementerian dan lembaga di tingkat pusat juga banyak dilibatkan untuk mempercepat pembangunan," kata Tito.

Seperti diketahui, UU Otonomi Khusus (Otsus) Papua tengah masuk Prolegnas Priorotas di DPR. Pasal yang memuat hak dana untuk Papua dari DAU nasional menjadi salah satu sebab revisi.

Berdasarkan pasal tersebut, hak dana untuk Papua dari DAU Nasional akan usai pada 2021.***