SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim meminta seluruh masyarakat terutama anak-anak dan remaja supaya mengamalkan prilaku hidup sehat. Serta menjaga diri dari pergaulan yang tidak sehat dan selalu memakan makanan sehat.

"Mari kita budayakan berprilaku hidup bersih yang dimulai dengan menjaga diri dan keluarga untuk sehat," ajak Said Hasyim usai pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), Rabu (14/11/2018).

Katanya, untuk hidup sehat, perlu menjaga pergaulan yang sehat, makan makanan yang sehat. Said Hasyim juga minta kepada para pendidik untuk mengawasi jajanan yang dijual di sekolah. Jangan sampai makanan yang dijual tidak higienis serta mengandung pengawet dan perwarna yang tak boleh digunakan pada makanan.

Anak-anak dan remaja dipesankan betul agar menjauhi diri dari pergaulan seks bebas dan LGBT yang mulai marak. "Mari para remaja jauhi seks bebas apalagi LGBT. Penyakit ini bisa menular," kata Said Hasyim.

Terakhir, untuk mewujudkan kualitas hidup sehat secara masiv di wilayah Kepulauan Meranti, H Said Hasyim meminta para camat dan kades untuk mensosialisasikan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Saya belum melihat adanya gerakan dari camat dan kades untuk mensosialisasikan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Mulai saat ini, mari camat atur bagaimana sampah tidak berserakan di wilayah masing-masing, carikan solusinya,"tegas Said Hasyim

Himabauan prilaku hidup sehat juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr Roswita. Menurut Ruswita, kurangnya kesadaran dan kemauan masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat merupakan faktor utama tingginya resiko terserang penyakit pada masyarakat itu sendiri. Baik penyakit menular maupun tidak menular. 

Untuk itu, perlu dilaksanakan Germas guna mewujudkan Kepulauan Meranti yang sehat.

Germas merupakan gerakan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan semua komponen masyarakat mewujudkan hidup sehat. Adapun yang menjadi fokus pada gerakan ini adalah peningkatan aktfitas fisik, peningkatan prilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Pencanagan Gerakan Hidup Bersih Tahun 2018 di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti ditandai dengan pembubuhan cap tangan oleh Said Hasyim dan Ketua DPRD H Fauzi Hasan. Lalu diikuti Forkopimda dan pejabat eselon II, dilanjutkan dengan cuci tangan massal pakai sabun dan pelepasan balon ke udara serta pemotongan tumpeng oleh Ketua BKMT Meranti Hj Syamsidar disaksikan seluruh hadirin.

Hadir juga, Wakil Ketua DPRD Muzamil, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, para asisten dan staf ahli, jajaran pejabat eselon II, Kabag Humas dan Protokol Hery Saputra SH, Kades, para pendidik dan murid PAUD. (rls)