SIAK SRI INDRAPURA - Tim Safari Ramadhan Bupati Siak bersama rombongan mengunjungi Masjid Al Barokah Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang, Sabtu malam (18/5/19).

Sebelum menuju lokasi safari untuk melaksanakan Salat Tarawih berjamaah bersama masyarakat, rombongan sore harinya tiba di Perawang menghadiri acara berbuka puasa bersama di kediaman Camat Tualang.  

Bupati Siak, Alfedri mengatakan Safari Ramadan dimaksudkan untuk menjalin komunikasi dan menjaring aspirasi masyarakat. Tak hanya itu, Bupati Siak ini juga ingin melihat perkembangan pembangunan daerah di kecamatan dengan penduduk terpadat di Kabupaten Siak, khususnya terkait pelayanan publik.

"Lewat Safari Ramadhan ini, saya ingin pemerintah daerah lebih dekat dengan masyarakat," kata Alfedri dalam sambutan, dihadapan jamaah Mesjil Al Barokah Perawang.

Pemimpin Siak itu juga bercerita  soal informasi perkembangan pelayanan pelaksanaan ibadah haji dihadapan masyarakat Kecamatan Tualang yang hadir, diantaranya terkait beralihnya titik keberangkatan jamaah haji asal Riau mulai tahun ini dari Embarkasi Batam ke Embarkasi antara di Pekanbaru, sehingga JCH tidak perlu lagi diinapkan di embarkasi Batam seperti tahun-tahun sebelumnya. 

“Alhamdulillah mulai tahun ini Bandara Internasional SSK II telah menjadi bandara embarkasi antara untuk mempermudah masyarakat dalam pergi ketanah suci. Jadi di Batam hanya sekedar transit pesawat saja lagi. Hal tersebut tentunya turut berdampak pada efesiensi anggaran pemerintah daerah dalam membantu pelaksanaan penyelenggaraan haji,” kata Alfedri.

Alfedri berharap kemudahan pelayanan bagi para tamu Allah untuk berangkat ketanah suci, memberikan kenyamanan dalam melaksanakan Rukun Islam kelima. 

Sebagai fasilitas pendukung Jamaah Calon Haji (JCH) lainnya kata Alfedri, Kabupaten Siak saat ini juga telah memiliki Asrama Haji yang lengkap dan siap memberikan kenyamanan kepada para tamu Allah tersebut. 

Jauh-jauh hari, JCH Kabupaten Siak juga telah dilayani Pusat Pelayanan Haji Terpadu dengan Sistim Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) untuk mengurus administrasi pendaftaran hingga pelunasan pembayaran dalam satu atap.

Selain itu kata Alfedri, Pemkab Siak saat ini telah menjalin kerjasama dan MoU dengan Pemkot Tangerang dalam rangka pengembangaan aplikasi Smart City untuk memudahkan tugas-tugas manajemen pemerintahan dan kemudahan pelayanan publik.

Dalam rangkaian acara Safari Ramadhan tersebut, Bupati Siak Alfedri didampingi Camat Tualang Zalik Effendi menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada 7.737 kepada masyarakat kurang mampu serta memberikan santunan anak yatim dan sertifikat tanah wakaf.***