PEKANBARU - Dinas pariwisata Riau bekerjasama dengan forum pembaharuan kebangsaan, pelaku ekonomi kreatif, komunitas paguyuban dari berbagai suku serta berbagai komunitas lainya resmi menggelar event "Ruang Kita Festival" Di Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandarserai) purna MTQ Pekanbaru.

Ruang Kita Festival, resmi dibuka Gubernur Riau (Gubri) H Wan Thamrin Hasyim, diwakili oleh staf ahli Gubri bidang ekonomi, Joni Irwan, Selasa (18/12) sore. Ditandai dengan pemukulan kompang dan pelepasan balon oleh para pejabat dan tamu undangan yang hadir.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau saya menyambut baik terselenggaranya Ruang Kita Festival 2018. Sebagai usaha memberikan ruang seluas-luasnya kepada para pelaku ekonomi kreatif, seni pertunjukan, penggiat kuliner, pameran foto, seni rupa dan bonsai, juga berbagai atraksi pertunjukan lainnya," kata Joni Irwan ketika menyampaikan sambutan Gubernur Riau di pembukaan ruang kita festival.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan event ini adalah sebuah terobosan baru yang sama-sama kita apresiasi mengingat kegiatan ini ditaja non bugjeter. Hanya mengandalkan dana sponsor dan kerja sama berbagai pihak yang memiliki antusias dan motivasi untuk mendorong pertumbuhan seni budaya dan ekonomi kreatif ke arah yang lebih baik dan lebih maju.

"Ruang Kita Festival 2018 merupakan media pertemuan antara kita dengan kita. Antara para pelaku seni, pelaku kuliner, pengrajin serta kalangan sekolah, untuk masyarakat luas dapat menikmati dan mengapresiasinya. Ini merupakan ruang yang menarik, untuk bersama-sama belajar dan mendorong akan keberadaan berbagai kreatifitas yang ada," ujar Joni Irwan.

Pada event tersebut menampilkal 45 seni pertunjukan, 90 stan kuliner dan cinderamata, memamerkan 115 karya foto dan lukisan, 75 bonsai berasal dari luar negeri dan lokal. Kemudian aksi sosial donor darah dan bazar murah. Digelar mulai tanggal 18 hingga 23 Desember 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman, mengatakan kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji merupakan pintu gerbang seni di Provinsi Riau. Dengan semangat kreativitas para pelaku ekonomi kreatif dan pelaku seni budaya Ruang Kita Festival adalah tonggak sejarah dan bisa dilaksanakan rutin setiap tahun. Bisa menjadi ruang ekspresi dan wadah kreativitas untuk semua kalangan.

"Event ini merupakan sebuah energi untuk kepariwisataan Riau. Direspon baik dari segala kalangan. Semoga bisa menjadi bentuk kesepakatan, pengakuan potensi bagi para pelaku ekonomi kreatif. Sehingga dapat mendorong para wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Riau," kata Kadispar Riau, Fahmizal Usman.

"Kekayaan seni budaya yang ada di Provinsi Riau jika dikelola dengan baik dapat menjadi produk wisata yang dikenal dunia dan bisa menjadikan Riau sebagai destinasi unggulan Indonesia bagian barat," tandas Fahmizal Usman.***