PEKANBARU – Penerapan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru di Provinsi Riau selalu menyisakan masalah, salah satunya tidak tertampungnya peserta didik di sejumlah sekolah negeri yang jumlahnya terbatas.

Untuk itu, Komisi V DPRD Riau bersama Pemprov Riau telah menyetujui pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMAN 3 unit dan SMKN 5 unit dan penambahan ruang ielas baru (RKB) pada tahun 2023 mendatang.

"Untuk sementara, untuk mengatasi persoalan tidak tertampungnya peserta didik tingkat SMA adalah penambahan RKB dan pembangunan sekolah baru," kata Robin, Selasa (11/10/2022).

Namun jika ingin menuntaskan persoalan tersebut kata Robin, jumlah SMAN harus sama dengan SMPN. Berdasarkan data dari BPS Riau SPMN yang ada di Riau pada tahun 2021 berjumlah 855 sedangkan SMAN 303 yang.

"Mengingat selisihnya sangat jauh saya rasa sulit untuk menyamakan jumlah sekolah SMPN dan SMAN dalam waktu dekat, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit," ujarnya.

Untuk itu ia meminta kepada sekolah swasta untuk tidak menerapkan biaya yang mahal kepada siswa sehingga siswa yang tidak mampu dapat melanjutkan sekolahnya.

"Dengan begitu tidak ada peserta didik yang putus sekolah diakibatkan mahalnya biaya sekolah," tutupnya. (kl2)