PEKANBARU - Riau Creative Hub (RCH) yang berlokasi di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru Riau akan segera diresmikan. Saat ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau masih menunggu proses serah terima aset RCH tersebut.

"Semua fasilitas sudah disiapkan. Bangunan juga telah siap, laporan dari PUPR juga sudah diterima. Tinggal menunggu proses serah terima saja," kata Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat, Selasa (16/4/2024).

Roni juga menjelaskan bahwa Dinas Pariwisata akan melakukan pengisian properti secara bertahap hari ini. Targetnya adalah menyelesaikan proses ini pada akhir pekan ini.

"Hari ini kami telah mulai mengangsur barang untuk masuk. Kepengurusan juga sudah terbentuk, dan kami siap pada minggu ini," ujarnya.

Apabila disetujui oleh Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, Riau Creative Hub direncanakan akan diresmikan pada 3 Mei 2024 mendatang, bersamaan dengan kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Rencana kami adalah jika disetujui oleh pak Pj Gubernur, maka akan diresmikan bersamaan dengan acara BBI BBWI pada tanggal 3 Mei, agar lebih terkoordinasi," jelasnya.

Roni berharap bahwa Gedung Riau Creative Hub ini akan menjadi tempat bagi masyarakat yang ingin berlatih dan mendapatkan pendidikan tambahan di bidang kreativitas.

"Dengan adanya 17 subsektor di sana, kami lebih fokus pada kreativitas apa yang dapat dihasilkan dari RCH, bukan hanya pada jumlah pengunjung yang dapat ditampung. Kami akan lebih memprioritaskan pelatihan dan inkubasi, tanpa membatasi jumlah pengunjung," tambah Roni Rakhmat. ***