JAKARTA - Bahagia tengah erat membebat pasangan Kiky Saputri dan Muhammad Khairi. Keduanya telah resmi jadi suami istri dengan melangsungkan akad nikah di The Tribrata, Darmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2023).

Di hari istimewa ini, mereka memilih busana pengantin rilisan Svarna by IKAT Indonesia rancangan desainer Didiet Maulana. Menurut keterangannya pada Sabtu (28/2023), Didiet menyebut bahwa pakaian pengantin itu berkonsep "merak asih."

"Merak jadi perlambang keanggunan, kemuliaan, dan keindahan," katanya melalui pesan. "Merak diabadikan dalam beberapa motif khas Sunda pada batik dan berbagai kriya. Asih berarti pengasih (atau) penuh cinta."

Konsep merak asih, sambung penulis buku Kisah Kebaya itu, dihadirkan untuk menggambarkan keanggunan penuh kasih kedua mempelai. Didiet mengatakan, "Konsep kebaya Kiky mengambil inspirasi model kerah kebaya Sunda dengan potongan yang menampilkan keanggunannya."

Busana ini juga dilengkapi "selendang sutera berlipit dengan aksen serupa sayap-sayap perlambang merak," sambung si desainer. Sementara itu, Khairi memakai beskap klasik dengan motif bordir halus berpola sulur-sulur tumbuhan. Ini, menurut Didiet, merupakan perlambang kehidupan yang selalu berproses untuk tumbuh.

"Keduanya memakai kain batik tulis Jawa Barat dengan motif Sawat Penganten yang menggambarkan hubungan serasi manusia dalam mikrokosmos (eksistensi batin dan lahir manusia) dan makrokosmos (hubungan manusia dengan alam semesta )," imbuhnya. "Sebuah motif klasik untuk pasangan pengantin."

Melengkapi keseluruhan tampilan, mempelai wanita memakai riasan kepala pengantin Sunda, yakni siger. Makeup artist Bennu Sorumba pun dipercaya merias wajah Kiky Saputri di momen akad nikahnya.

Kiky Saputri tampil menawan dengan polesan makeup sederhana. "Simple makeup dengan bulu mata setipis itu untuk si ratu roasting indonesia @kikysaputrii," tulis Bennu di Instagram Story-nya.

Riasan ini pun dipuji tidak sedikit warganet. Salah satunya berkomentar, "Simple tapi manglingi. Ya Allah apik banget ka." "Heeeeh ini Kiky?? Pangling banget. Aku klo ga baca caption kayanya ga tau klo ini Kiky," kata warganet yang lain.

Di acara akad nikah Kiky dan Khairi, Menteri BUMN, Erick Thohir, bertindak sebagai saksi. Itu terlihat dari unggahan Instagram Story salah satu sahabat Kiky, Hesti Purwadinata. "Saya terima nikahnya dan kawinnya Rizhky Nurasly Saputri binti Asli Nuroniah dengan maskawin tersebut dibayar tunai," ucap Khairi dengan lantang sambil menggenggam tangan wali nikah.

Tidak lama kemudian, pernikahan keduanya dinyatakan sah. Doa untuk kedua mempelai pun dihaturkan. Setelahnya, Kiky tampak disandingkan dengan suaminya. Khairi meminang Kiky Saputri dengan maskawin sesuai tanggal pernikahan mereka. Mahar tersebut dibagi jadi dua mata uang dan logam mulia. "28 gram logam mulia, 1 US dollar, sama uang rupiah 2023. Sesuai tanggal kita nikah berdua," ungkap Khairi.

Kiky bercerita bahwa cincin kawinnya ternyata kekecilan. "Cincin ternyata di tangan kanan dan kiri agak berbeda, gedean tangan kanan. Tapi Alhamdulillah bisa masuk," sambungnya.

Sebelum menikah, komika ini sudah lebih dulu menggelar acara pengajian dan siraman pada Sabtu, 21 Januari 2023. Momen yang berlangsung di gedung The Tribrata, Jakarta Selatan itu berjalan khidmat dan lancar.

Penampilan perempuan bernama lengkap Rizhky Nurasly Saputri itu pun mencuri perhatian. Di potret yang dibagikan akun Instagram @e_studiosphoto, Kiky tampilan menawan dalam balutan abaya biru muda.

Abaya yang dipenuhi payet itu tampak semakin mewah dan memukau saat dipadukan dengan kerudung panjang. Kerudung juga dibuat dengan banyak hiasan payet. Aksen bergelombang juga sangat menonjol dengan detail rumbai di bagian tangan. Dipadukan riasan wajah flawless, penampilan Kiky makin sempurna. Senyum lebar di wajah pemain Lapor Pak itu jelas menggambarkan kebahagiaannya di hari itu.

Abaya yang dikenakan Kiky Saputri di pengajian tersebut ternyata merupakan rilisan Wiranti Kurnia Bride. Desainer ini juga membuat busana Erina Gudono untuk pengajian sebelum menikah dengan Kaesang Pangarep. Dalam foto-foto yang dibagikan Kiky, terlihat juga keluarga dan kerabatnya turut hadir di acara tersebut. Ayah dan ibunya pun senantiasa mendampingi.

Penampilan keluarga Kiky di momen itu juga tidak kalah memukau. Mereka kompak memakai busana berwarna senada untuk menunjukkan kekompakan. Sementara keluarga calon pengantin pria saat itu memakai busana koko lengan panjang.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet dengan ragam komentar yang ditinggalkan. "MasyaAllah cantiknya kak, lancar semuanya," komentar seorang warganet. "Akhirnya gaunnya make yg ini kak?? KERENN BGTTT KY ORG ARAB GITUUU," tulis pengguna lainnya.

Sementara di prosesi siraman, Kiky tampak tidak kuasa menahan tangis saat sungkem ke orangtuanya. Dengan restu orangtua dan keluarga, Kiki dan suami kiranya bisa melangkah lebih ringan dalam menjalani peran baru mereka sebagai suami dan istri.***