SELATPANJANG – Bupati Kepulauan Meranti, Riau, H. Muhammad Adil mengajak untuk memaknai perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ajakan itu diungkapkan Bupati Adil saat melaksanakan upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Perjuangan, Desa Alahair, Malam.(17/08/2022) malam.

Diungkapkan Adil, rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke-77 RI yang dilaksanakan setiap tahunnya itu dilaksanakan pada pukul 00:00 Wib memiliki tujuan untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang maupun pahlawan pasca kemerdekaan RI.

Adil juga meminta apel tersebut tidak hanya menjadi seremoni yang dilakukan tiap tahun akan tetapi moment itu menjadi pengingat bagi para generasi penerus bangsa untuk bisa menghayati dan memahami makna perjuangan para pahlawan yang tidak hanya mengorbankan tenaga dan harta namun juga darah dan nyawa.

Karenanya, generasi penerus harus mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan di segala bidang, baik pertanian, kesehatan, pendidikan maupun ketahanan negara.

"Mudah-mudahan ini menjadi pengingat dan pengikat anak-anak bangsa terhadap negara, terhadap sejarah bangsa dan negaranya. Sehingga kita tahu menghayati dan memahami bagaimana pahlawan itu berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan republik Indonesia," pungkasnya.***