JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun ikut komentar soal jalanya debat perdana Capres dan Cawapres 2019 Kamis kemarin.

Dari pantauan GoNews.co pada Sabtu (19/1/2019), Refly Harun setidaknya memberikan tanggapan debat sebanyak 4 tweet di akun twitternya. "Apa tidak bisa debat itu dibuat benaran debat," ujar Refly.

"Banyak banget pagar debatnya, bagaimana KPU?," tanya Refly.

Tidak hanya itu saja, Refly juga memberikan saran untuk KPU. Harusnya kata dia, KPU juga menunjuk penalis yang independen dan ahli di bidangnya masing-masing. "Ini untuk menguji langsung kapasitas calon, bukan untuk membantu membuat soal ujian," tulisnya lagi.

Di tulisan berikutnya, Refly juga menyoroti soal moderator debat. "Harusnya, KPU menunjuk moderator yang berwibawa, profesional dan independen untuk memimpin jalanya debat, bukan untuk menyampaikan pertanyaan, setuju?," ujarnya.

Masih kata Refly, harusnya KPU lebih memfasilitasi hak pemilih/rakyat untuk tahu kualitas calon. "Jadi bukan memfasilitasi tim kampanye dua paslon. Hak rakyat untuk tahu kualitas paslon dalam debat tidak boleh dikurangi," pungkasnya. ***