PEKANBARU - Ratusan warga dan masyarakat yang tergabung dalam Relawan Cinta Ibu mendeklarasikan diri mendukung pasangan presiden nomor urut 1, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Minggu (24/3/2019).

Ratusan warga yang berseragam hitam putih tersebut berkumpul di ballroom Hotel Evo, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau.

Relawan Cinta Ibu ini juga ternyata bukan berisikan kaum ibu-ibu. Malah sebagian besar dari mereka merupakan pemuda pemudi kaum milenial berusia sekitar 20 hingga 30 tahun.

Supriyadi, inisiator gerakan ini menjelaskan mengapa mereka mengambil Relawan Cinta Ibu ini sebagai nama pergerakan ini.

"Dalam budaya manapun, ibu menempati posisi yang sangat terhormat. Pengorbanan dan perjuangan seorang ibu tak hanya karena secara kodrat telah melahirkan, tetapi juga berperan besar dalam merawat tumbuh kembang anak. Siapa pun kita, telah lahir dari rahim seorang ibu. Dan terus tumbuh-kembang dengan belaian kasih sayangnya," ujar pria asal Bangkinang yang biasa disapa Ocu Ucup ini.

Selain itu, mereka juga terinspirasi oleh ibu Sujatmi. Perempuan ini merupakan ibu kandung presiden Joko Widodo, calon presiden nomor urut 1.

Pengorbanan dan keikhlasan luar biasa dari Sudjiatmi yang telah berhasil mendidik anak anaknya menjadi pribadi yang religius, santun, ikhlas dan pantang menyerah. Salah satunya, Jokowi yang kini dipercaya memimpin Indonesia sebagai presiden.

Tidak hanya mendeklarasikan diri. Relawan ini juga siap turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan keberhasilan keberhasilan yang telah dicapai pemerintahan Indoenesia selama dipimpin Jokowi sebagai presiden.

"Kami akan door to door dari rumah ke rumah mengkampanyekan pasangan nomor urut 1, Jokowi - Ma'aruf Amin. Sasaran kami tentu saja ibu ibu. Karena ibu adalah jantung di dalam rumah tangga. Selain itu, sasaran kami juga kaum milenial," ungkapnya.

Relawan Cinta Ibu yang deklarasi di Pekanbaru ini akan mulai door to door ke masyarakat tidak hanya di Pekanbaru. Tapi juga akan keliling ke rumah rumah di Kampar.

"Kami yakin ihtiar ini juga akan melahirkan gerakan serupa di sejumlah daerah lain di Riau. Saya dapat kabar, temen temen di Rohul, Rohil, Bengkalis dan Inhil akan melakukan deklarasi gerakan serupa ini di daerah mereka masing masing," ujarnya.

Ia pun yakin, gerakan relawan ini juga meluruskan berita berita hoax terkait pasangan nomor urut 1 yang berkembang di masyarakat.

Kegiatan deklarasi ini ditandai dengan pengucapan ikrar yang diwakili oleh masih masing koorodinator Relawan Cinta Ibu kabupaten / kota.

Usai deklarasi, para relawan mendapat wejangan dan pelatihan bagaimana menyampaikan kampanye door to door ke masyarakat. Salah satu pematerinya yakni Viviana Hanifa, salah satu pengusaha muda sukses di Riau.

"Awalnya saya juga mengira Relawan Cinta Ibu ini merupakan komunitas ibu ibu. Ternyata isinya kaum milenial. Ini sungguh luar biasa. Anak muda kaum milenial yang berjuang menyebarkan virus kebaikan kepada kaum ibu. Hubungan interaksi ibu dan anak ini akan menciptakan persepsi positif," ujar Vivi. ***