DUMAI, GORIAU.COM - Ratusan masyarakat dari Kecamatan Sungai Sembilan duduki gedung DPRD Dumai, Rabu (2/10/13).

Kedatangan ratusan massa tersebut menuntut agar DPRD mengambil sikap terhadap adanya warga mereka yang ditangkap kepolisian karna dituduh mengolah dan mengambil kayu secara ilegal.

Masyarakat yang hadir beserta anak dan istri dimediasi oleh Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, ketua Banggar Amris dan sejumlah anggota DPRD lainnya Jalaludin dan Simanungkalit.

Dalam ruang rapat Cempaka DPRD Dumai, pimpinan dewan menampung semua aspirasi masyarakat terhadap permasalahan di Sungai Sembilan seperti pengolahan kayu hutan yang sudah menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar.

Dikisahkan massa yang hadir, 7 orang warganya diamankan kepolisian besertas kayu hasil olahan dari hutan dengan alat pengangkut kayu seperti sepeda motor becak.

Taufiq, salah seorang dari warga yang datang menyampaikan kepada wakil rakyat tersebut bahwa perkara pengolahan kayu sudah menjadi mata pencarian warga, maka dari itu DPRD diminta untuk menyelesaikan permasalahan warga bersama pihak kepolisian.

"Kami mencari solusi bagaimana penyelesaian kepada warga yang selalu ditangkap dan kayu hasil olahan diamankan oleh pihak kepolisian," jelasnya.

Disamping itu, masyarakat juga menuntut agar pemerataan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sungai Sembilan agar akses masyarakat lebih mudah.

"Selama ini kita tidak pernah merasa ada pemerataan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan seperti Kecamatan Sungai Sembilan." ungkapnya.

Menurut massa, untuk penyelesaian terhadap mata pencarian warga seperti pertanian dan peternakan juga tidak ada solusi dari pemerintah.

"Kita tidak mendapat solusi dari masyarakat terkait pengalihan mata pencarian lain selain mengolah kayu hutan," beber Sukiman, warga lainnya.

Atas aspirasi masyarakat tersebut Pimpinan rapat, Ketua DPRD Dumai Zainal Effendi menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan kordinasi kepada pihak kepolisian untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami 7 orang warga yang ditangkap.

"Saya akan adakan pertemuan bersama kapolres untuk menyelesaikan masalah ini, secepatnya," kata Zainal.

Ditambahkan Zainal, terkait mata pencarian lain seperti bertani dan beternak kita dari dewan akan membicarakan kepada SKPD terkait dan akan mengalokasikan anggaran untuk mendukung program tersebut.(egy)