TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyatakan kesiapannya untuk menjalankan PCR, alat pengujian Covid-19. Kesiapan itu sudah disampaikan ke Gubernur Riau melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Kita punya SDM, yakni dokter spesialis mikrobiologi klinik. Dokter spesialis ini hanya ada dua di Riau, satu di kita. Itu kelebihan kita dari kabupaten lain," ujar dr. Irvan Husin, Direktur RSUD Telukkuantan, Senin (12/10/2020) pagi.

Dikatakan Irvan, dalam mengoperasikan alat PCR, dibutuhkan ahli yakni dokter spesialis mikrobiologi klinik. Pemprov Riau sudah mengetahui kondisi Kuansing yang siap untuk menjalankan alat PCR.

"Gugus tugas provinsi pernah ke sini. Jadi mereka tahu kita punya SDM dan sarana yang cukup. Kalau ruangan tinggal sekat," papar Irvan.

Karena itu, Pemprov Riau dapat memberikan satu alat PCR bantuan BNPB untuk Kuansing. Sehingga, Pemkab Kuansing akan lebih cepat dalam penanganan pasien Covid-19.

"Ya mudah-mudahan, kita sangat berharap Pemprov Riau menempatkan satu alat PCR di Kuansing, sehingga penanganan akan lebih cepat," ujar Irvan. Pihaknya sudah menyampaikan permohonan tersebut ke Pemprov Riau.***