PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mengalihkan Gedung bekas Kesbangpol Kota Pekanbaru dan sejumlah OPD lainnya, di Jalan Arifin Ahmad, menjadi pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan demikian, diharapkan dapat mendukung promosi produk lokal di Pekanbaru.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Jumat (5/8/2022). Ia menjelaskan, strategi pemasaran ini juga seperti diarahkan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

"Kemaren sudah disampaikan oleh pak Pj Walikota, bahwa kedepannya ada satu tempat yang nantinya untuk pemasaran (produk) UMKM kota Pekanbaru. Rencananya di kantor eks Jalan Arifin Ahmad," ujarnya.

Ia menjelaskan, UMKM yang akan dipusatkan nantinya adalah pelaku kuliner, ada juga berbagai pengrajin dan pedagang-pedagang UMKM lainnya. Adapun produk yang dijajakan, diutamakan bagi produk lokal.

"Dan itu nantik dibuatkan khusus untuk produk lokal, baik itu untuk kulinernya, maupun kerajinan-kerajinannya, dan maupun hal-hal lain yang bisa dijual disana," jelasnya.

Dengan demikian, lokasi tersebut dapat menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Pekanbaru. Pusat UMKM ini juga bisa menjadi tujuan warga untuk mencari oleh-oleh jika ingin keluar kota atau mudik.

"Itu nanti yang dicari oleh tamu-tamu yang datang nantinya ke kota Pekanbaru. Promosinya harus dimantapkan dan digiatkan lagi. Pak wali support untuk ini," pungkasnya.***