TEMBILAHAN-Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Puri Husada Tembilahan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Indragiri Hilir (Inhil), Riau melaksanakan operasi katarak gratis kepada 240 penderita katarak yang termasuk dalam 8 asnaf penerima zakat.

Kegiatan yang merupakan salah satu yang termasuk dalam program 100 hari di awal masa kepemimpian HM Wardan dan Syamsuddin Uti diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Inhil.

Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, Saut Pakpahan menjelaskan, awalnya sebanyak 624 peserta mendaftar untuk mengikuti operasi katarak ini, namun dikarenakan jumlah yang terbatas, akhirnya dipilih lah 240 orang yang berhak mengikuti.

"Jadi yang belum dapat kesempatan saat ini bisa melakukan operasi melalui BPJS Kesehatan," ujarnya.

Ads
Melibatkan 12 dokter, dijelaskan Saut operasi gratis ini diikuti oleh peserta tertua berusia 80 tahun dan termuda berusia 40 tahun.

"Adapun kendala yang kami temui selama proses ini adalah adanya pasien yang tenakanan darahnya tinggi, sehingga harus kita stabilkan dulu baru bisa dioperasi," jelas Saut.

Sementara itu, Bupati Inhil, HM Wardan menjelaskan bahwa operasi katarak gratis ini telah sembilah kali dilakukan, dimana enam kali diataranya dilakukan pada masa kepemimpinannya.

Ia pun meminta, kepada seluruh peserta ketika sudah bisa melihat dengan normal untuk mempergunakan sebaik-baiknya, seperti untuk membaca Al-Qur’an.

"Jangan lupa juga doakan orang yang sudah berzakat diberikan berkah dan rahmah, serta doakan para pemimpin yang sudah memprogramkan kegiatan ini," pesan Bupati.

Tidak hanya mendapatkan operasi gratis, 240 pasien juga mendapatkan souvenir berupa perlengkapan solat dan uang saku sebesar Rp250 ribu.(ayu)