PEKANBARU - Sejak Pandemi virus Corona, setidaknya sudah sekitar enam bulan kegiatan latihan atlet di masing-masing cabang olahraga (Cabor) harus terhambat, sehingga prestasinya pun mengalami penurunan. Pasalnya, untuk mencegah penularan virus tersebut, para atlet harus berlatih di rumah yang tentunya tidak efektif tanpa peralatan memadai dan keberadaan pelatih.

"Selama ini atlet latihan hanya untuk kebugaran fisik di rumah, hampir enam bulan ya. Tentunya akan terjadi penurunan prestasi, performa atlet tidak akan seperti puncaknya di tahun 2019 lalu," ujar Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Selasa (14/7/2020).

Untuk menyikapi hal ini, Emrizal mengatakan pihaknya sedang berupaya mencari peluang agar prestasi atlet kembali pulih atau (recovery prestasi). Untuk agenda ini, pihaknya telah mengajukan surat kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau agar masing masing-masing Cabor diperbolehkan melatih atletnya secara tehnik di venue," paparnya.

Selain itu, Emrizal mengatakan sudah melakukan pertemuan dengan petugas kesehatan dari Provinsi dan sedang menunggu waktu agar dapat bertemu langsung Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Mungkin dalam beberapa hari kedepan. Kita berharap nantinya Cabor yang harus latihan indoor dan outdoor bisa berlatih di venue segera. Kita juga akan membahas rapid tes atlet," pungkasnya.***