BAGANSIAPIAPI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis (Durolis), Kamis (5/1/2023).

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden Jokowi mengatakan, hampir setiap provinsi, kabupaten, dan kota di tanah air masih banyak yang bermasalah perihal penyediaan air baku.

"Pada siang ini kita bisa melihat sistem penyediaan air minum bagi masyarakat di Rokan Hilir, Bengkalis, dan di Kota Dumai yang nantinya bisa disuplai dari SPAM di Rokan Hilir ini," ucapnya. 

GoRiau

Kepala Negara menjelaskan, SPAM Regional Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Bengkalis bisa menyediakan air minum dengan kualitas baik untuk 32 ribu rumah di ketiga daerah tersebut.

"Semoga ini menjadi penyediaan air minum dengan kualitas baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai yang akan menyehatkan dan mensejahterakan," harapnya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan SPAM Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau," imbuhnya.

Untuk diketahui, SPAM Durolis memiliki kapasitas 1.500 liter per detik. Namun, pada tahap pertama sudah di bangun kapasitas 400 liter per detik. SPAM Durolis Dumai 150 liter per detik, Rohil 100 liter per detik, Bengkalis 150 liter per detik.

Turut hadir pada acara peresmian SPAM Durolis, Ketua DPRD Provinsi Riau, Bupati Rokan Hilir, Bupati Bengkalis, dan Wali Kota Dumai.

Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong menyatakan kebahagiaannya atas kedatangan Presiden RI dan meresmikan SPAM Durolis.

"Saya sempat berbincang dengan presiden, menyampaikan berbagai hal terkait kondisi Rohil saat ini, " ucap Afrizal Sintong.

Apa yang disampaikan Afrizal Sintong kepada Presiden, bahwa Rohil sebagai negeri penghasil Migas, CPO masih ada kendala infrastruktur baik jalan lintas pesisir ke Kubu dan abarasi sungai Rokan.

"Saya sebutkan ke Presiden, Menteri PUPR, mudah-mudahan didengar dan dapat pula terealisasi harapan kita masyaeakat Rohil,'' ujar Aku Afrizal Sintong.

Terkait Durolis, Bupati Rohil menyebutksn, aliran airnya saat ini baru sampai tiga Kecamatan yakni Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako.

"Diharapkan melalui APBD Rohil kedepannya akan dianggarkan program saluran air sampai ke kecamatan lainnya,'' tutupnya. ***