JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi, menilai bahwa pendidikan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring) masih belum efektif dan harus dikuatkan.

"Apakah pendidikan daring efektif atau tidak? Jawabannya, harus jujur memang tidak efektif. Karena apapun ketika melakukan sesuatu yang sifatnya darurat tentu pasti ada ketidakefektifan," kata Dede saat dihubungi, Senin (26/10/2020).

Oleh karenanya, lanjut Dede, kita memiliki konsep bahwa untuk satu tahun ke depan maka fungsi daring harus lebih dikuatkan.

"Salah satunya adalah dengan penguatan signal untuk beberapa daerah dan wilayah. Kedua adalah penguatan dukungan pulsa dan kuota," ucapnya.

Selain itu katanya, sudah harus dilakukan pembelajaran melalui media televisi dan radio. Juga membuat aplikasi-aplikasi yang gampang dan mudah untuk dikerjasamakan dengan murid-murid.

"Yang berikutnya adalah bagaimana pembelajaran tidak terlalu terbebani, kan banyak kita menerima masukan-masukan murid yang stres karena pembelajaran daring," katanya.***