JAKARTA - Jajaran Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyambangi kediaman Eks. Cawapres 2019, Sandiaga Salahudin Uno di bilangan Selong, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019), sore.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid, terpantau tiba belakangan saat sesi foto pertama tengah berlangsung.

Usai pertemuan digelar tertutup, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengungkapkan, kedatangan MPR RI guna menyampaikan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang. Dan Sandi, disebut bersedia menghadiri pelantikan rivalnya dalam Pilpres 2019 itu.

"Jadi kehadiran Bang Sandi sebagai kandidat Cawapres memberikan pesan yang positif bahwa politik Indonesia stabil," kata Bamsoet.

MPR, dijelaskan Bamsoet, juga melakukan dialog kebangsaan singkat dengan politisi yang akrab dengan milenial itu, terkait upaya-upaya agar kegiatan MPR RI terkait 4 Pilar bisa lebih mengena kepada kalangan muda Indonesia.

Sandi yang berdiri di samping Bamsoet pun memgkonfirmasi, bahwa dirinya akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Maruf sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

"Ini merupakan kewajiban, apalagi kemarin sempat ikut kontestasi," kata Sandi.

Usai jajaran Pimpinan MPR RI bertolak pulang, Sandi kembali menegaskan bahwa kehadirannya dalam pelantikan Jokowi-Maruf juga untuk menunjukkan pada masyarakat baik nasional maupun masyarakat dunia, bahwa "kontestasi telah selesai,".

Ia mengaku tersanjung menerima undangan langsung dari Pimpinan MPR, dan mengonfirmasi bahwa penting agar agenda-agenda MPR khususnya terkait 4 pilar bisa mengena ke kalangan milenial.

"Karena 50% populasi kita sekarang adalah usia 30 tahun ke bawah," ujar Sandi.

Sebelumnya, Jumat (11/10/2019), Pimpinan MPR RI juga menyambangi kediaman mantan pasangan Sandi dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto, yang kala itu maju sebagai Calon Presiden penantang Jokowi. Dalam kunjungan ke Kertanegara itu, hanya Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan yang tak hadir. Hari ini, Zulhas juga tak nampak dalam pantauan GoNews Grup.

Satu penekanan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo sebagai hasil dari pertemuan dengan Prabowo adalah, pernyataan Prabowo bahwa "Bersatu itu Keren".

Kunjungan ke rumah Ketum Partai Gerindra itu, menyusul kunjungan MPR ke kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta Pusat pada Kamis, 10 Oktober 2019, lalu.

Rencananya, kunjungan Pimpinan MPR RI juga akan berlanjut ke tokoh-tokoh bangsa lainnya, seperti Ketum PKB Cak Imin, Ketum Demokrat, SBY dan Maruf Amin selaku Wapres terpilih.***