BANGKINANG – Guru dan siswa adalah dua elemen penting dalam dunia pendidikan di sekolah. Karena itu, keduanya harus saling saling mendukung.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, T Fauzan Tambusai, saat memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMAN 1 Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar, Kamis (2/5/ 2024).

Dikatakannya, siswa dan guru adalah dua hal yang penting dalam menciptakan dunia pendidikan yang ideal. Karena itu, siswa diminta bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu. Selain itu, para siswa juga diingatkan untuk selalu menghormati guru, mengingat mereka adalah pengganti orang tua saat di sekolah. "Orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, " ujarnya.

Begitu pula haknya dengan para guru, T Fauzan meminta terus mendedikasikan diri untuk memberi yang terbaik bagi para siswa. "Guru juga kita harapkan ikhlas dalam mengajar para siswa. Dengan adanya sikap saling mendukung, diharapkan akan memberikan dampak yang besar terhadap kemajuan pendidikan di Riau.

GoRiau

"Hal ini juga seiring dengan harapan dan keinginan Pak Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto. Beliau selalu menekankan agar dunia pendidikan di Provinsi Riau bisa meningkat mutunya. Baik terkait dengan SDM maupun sarana dan prasarananya, " ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Fauzan kembali mengingatkan, acara perpisahan siswa kelas akhir, cukup dilaksanakan di sekolah saja. Tidak perlu lagi dilaksanakan di hotel-hotel berbintang, atau dengan melaksanakan acara jalan-jalan ke luar kota.

Sebab, pihaknya menilai hal itu lebih banyak mengakibatkan munculnya beban pada orang tua dan siswa, khususnya yang berkaitan dengan dana yang harus dibayarkan.

Pasa akhir sambutannya, Kadisdik Riau memotivasi para untuk selalu berpikiran positif. "Bila ada kemauan dan cita-cita, maka pasti bisa menggapai apa yang dicita-citakan.

" Seperti saya yang hanya anak yatim sejak di bangku kelas 2 SMA. Tapi berkat tekad yang kuat, sekarang saya diberi kepercayaan untuk memimpin dunia pendidikan di Provinsi Riau," ujarnya seraya mengungkapkan bahwa dirinya juga alumni SMAN 1 Kota Bangkinang Angkatan 1998. ***