DURI - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) wilayah kerja Rokan menyumbangkan 5.000 dosis Vaksinasi Gotong Royong (VGR) bagi masyarakat di Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Agenda ini dilakukan dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah dalam mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) di tengah pandemi Covid-19.

Manajemen PHR yang diwakili, Rudi Arief Manager Corporate Affairs Asset North menyerahkan secara simbolis 5.000 dosis vaksin kepada Bupati Bengkalis Kasmarni hari ini di Kantor Camat Mandau. Hadir pada acara ini Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Camat Mandau Riki Rihardi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra dan Direktur RSUD Mandau dr Chairiah.

"Mengingat masih ada sebagian masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, PHR berinisiatif mendonasikan vaksin bagi masyarakat di Duri, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat dalam pelaksanaan vaksinasi. Besar harapan kami, masyarakat Duri melakukan tindakan preventif dengan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mengurangi risiko terjangkit COVID-19 yang dapat mengancam keselamatan jiwa," ujar Rudi.

Sementara itu, Bupati Bengkalis, Kasmarni mengucapkan terimakasih kepada PHR atas bantuan dosis vaksin tersebut.

"Dalam mencapai herd immunity 70%, jangankan diberi, membeli pun kita mau asal masyarakat kita bisa tervaksinasi secara keseluruhan. Kita sangat berterima kasih kepada PHR atas bantuan dosis ini," ujar Kasmarni.

Ia juga menyampaikan, tidak hanya PHR, diharapkan semua perusahaan dapat melakukan hal yang sama.

"Kami akan membuat vaksin center di Mall Mandau City sehingga masyarakat dapat setiap hari datang ke sana untuk mendapatkan vaksin," ungkap Kasmani.

Di PHR sendiri sejak 1 Oktober 2021, telah diterapkan kebijakan No Vaccine No Entry, dimana hanya pekerja yang sudah divaksinasi yang diizinkan masuk ke fasilitas operasi dan kantor. Peraturan ini juga berlaku bagi tamu perusahaan yang akan masuk ke area operasi.

Sekitar 28.000 karyawan, mitra kerja dan anggota keluarga di lingkungan PHR WK Rokan telah mengikuti program vaksinasi.

Saat ini Provinsi Riau menduduki posisi ke-7 kasus aktif dan kasus meninggal COVID-19 di Indonesia. Untuk mencegah penularan yang lebih luas, vaksinasi menjadi solusi mitigasi dan diharapkan masyarakat tidak memiliki keraguan dalam pelaksanaannya.

Dalam kegiatan ini, jenis vaksin yang didonasikan PHR adalah vaksin Sinopharm yang telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia dan lolos uji tes Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). ***