PEKANBARU, GORAU.COM - Petani di Riau diminta jujur memberikan data saat dilakukan sensus pertanian. Data sensus sangat penting untuk pengambilan kebijakan pembangunan pertanian di masa datang.

Demikian ditegaskan Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad, Senin (22/4/2013). Dikatakan, Sensus Pertanian tahun 2013 atau dikenal ST2013 akan dilaksanakan selama satu bulan penuh, yaitu terhitung mulai tanggal 1-31 Mei 2013 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) se- Indonesia dengan secara serentak.

Ia mengatakan, ST2013 dilakukan oleh petugas BPS se-Indonesia secara serentak, termasuk di kabupaten/kota se Riau. Nantinya data terkumpulkan diolah komprehensip menuju masa depan petani lebih baik.

"Untuk ST2013 saya minta responden memberikan informasi yang benar kepada petugas. Sehingga data dari kalanganya responden, khususnya kalangan petani bisa dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan pembangunan pertanian berkelanjutan,'' jelasnya.

Ia mengatakan, Sensus Pertanian 2013 ini sebagai menyediakan informasi untuk masa depan petani yang lebih baik. Karenanya, tujuan Sensus Pertanian adalah untuk mendapatkan data dasar statistik pertanian.

"Dengan responden memberikan informasi nanti secara terbuka dan benar kepada petugas yang akan melakukan sensus. Informasi yang didapat akan lebih tepat dan akurat. Semuanya itu untuk masyarakat," katanya. (rdi)