SIAK - Camat Dayun Novendra Kasmara berharap para petani di daerahnya untuk tetap mengembangkan pertanian meski Pandemi Covid-19 belum berakhir. Bisa memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pusat untuk terus mengembangkan produksi.

"Memasuki era tatanan baru ini, sektor pertanian harus benar-benar maju, mandiri, dan berdaulat. Dengan adanya program KUR yang memiliki bunga rendah, yakni hanya 6 persen bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani," kata Novendra dalam acara Sosialisasi program KUR dari Dinas Pertanian yang melibatkan sejumlah Bank, Rabu (15/7/2020).

Novendra yakin petani serta kelompok tani yang ada di Kecamatan Dayun menjadi petani sukses dengan memanfaatkan fasilitas dan bantuan yang ada. Dengan begitu, petani akan terus termotivasi untuk melakukan sebuah ide baru dan inovasi kreatif.

"Kecamatan Dayun salah satu dari 14 Kecamatan di Kabupaten Siak yang penduduknya mayoritas berprofesi sebagai petani. Jadi program KUR ini sangat membantu petani khususnya yang sedang melakukan replanting," kata Novendra lagi.

Apalagi jika dikaitkan dengan masa pandemi Covid-19 yang memasuki era new normal ini. Semua sektor merasakan dampak yang cukup signifikan termasuk para petani.

"Kondisi ekonomi kita saat PSBB hingga New Normal ini jauh menurun drastis. Jadi dengan pinjaman KUR, petani bisa membeli sarana produksi seperti pupuk atau keperluan olah tanam," sebut Camat berprestasi ini. ***