DUMAI, GORIAU.COM - Sebagai kawasan pesisir pantai Riau, Kota Dumai bertengger pada posisi 3 terbanyak penderita HIV/AIDS untuk 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau dengan rincian jumlah penderita HIV 146 orang dan AIDS 98 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Marjoko Santoso GoRiau.com kepada Selasa (3/12/2013) mengungkapkan beberapa faktor penularan terbesar penyakit mematikan tersebut ditularkan melalui heteroseksual, atau berhubungan sex dengan lawan jenis yang terjangkit HIV/AIDS, dan disusul melalui injecting drug users (IDU) atau pengguna narkoba dengan suntikan, homoseksual (hubungan sex sesama jenis), Mother-to-Child Transmission (MTCT) atau ibu ke anak melalui menyusui, tato dan tranfunsi darah.

"Banyak hal yang memicu penularan HIV/AIDS, namun kasus itu berdasarkan jenis kelamin, dan kelompok usia, HIV lebih bannyak ditemukan pada jenis kelamin perempuan untuk AIDS lebih banyak pada jenis laki-laki," ungkapnya.

Sedangkan untuk kelompok usia, kasus HIV/AIDS, lebih banyak ditemukan pada usia, 25-29 tahun, Sementara, untuk yang masih balita, anak-anak dan remaja, mulai dari usia, 0 sampai dengan 4 tahun.

Dengan banyaknya penularan kasus HIV/AIDS yang terjadi pada masyarakat, saat ini, Marjoko berharap, masyarakat Dumai, agar lebih berhati-hati dalam menjalin hubungan seksual terutama terhadap pasangan yang berganti-ganti.(egy)