SELATPANJANG – Dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) yang melakukan pengabdian di Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, menggelar perlombaan yang diikuti oleh sejumlah siswa-siswi SDN 20 Selatpanjang Timur, pada Selasa (2/8/2022).

Adapun kategori perlombaan yang diusung untuk perlombaan yang telah diadakan tersebut diantaranya, lomba pembacaan doa qunut, doa ayat kursi, hafalan doa wudhu dan sholawat.

Kegiatan perlombaan ini diikuti oleh 43 peserta yang tergabung dari kelas 1-6 dengan penilaian 3 dewan juri yakni Heru, Samsul dan Ayu Nanda sebagai salah satu perwakilan Mahasiswa Kukerta Selatpanjang Timur.

Andri, selaku ketua Kukerta Selatpanjang Timur 2022, mengatakan bahwa peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah diisi dengan berbagai perlombaan keagamaan untuk memotivasi para siswa supaya giat dalam belajar dan menghafal, khususnya dalam bidang keagamaan.

"Dalam acara ini, tema yang kami angkat ialah menjadikan semangat muharram sebagai tonggak perbaikan karakter anak dan juga membangkitkan semangat adik-adik dalam memperingati hari-hari besar islam termasuk tahun baru islam," ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan yang terdiri dari empat jenis lomba tersebut berlangsung pada Selasa, 2 Agustus 2022 pada pukul 08.00 Wib - 10.00 Wib, bertempat di Lapangan SDN 20 Selatpanjang Timur.

Selanjutnya, Surita S.Pd, selaku kepala SDN 20 Selatpanjang Timur mengungkapkan harapannya untuk kegiatan tersebut yakni ia berharap agar perlombaan 1 Muharram yang telah diusung dapat menjadi perlombaan tahunan di SDN yang ia pimpin.

"Saya berharap kegiatan perlombaan ini akan menjadi agenda tahunan di SDN 20 Selatpanjang Timur ini, karena dengan adanya perlombaan tersebut dapat menambah keberanian serta kepercayaan dirinya siswa dan siswi sehingga mereka bisa dan berani tampil," ujarnya

Untuk diketahui, seluruh rangkaian acara perlombaan 1 Muharram yang diusung oleh Mahasiswa Kukerta Selatpanjang Timur berada di bawah bimbingan Yelly Zamaya, SE. ME selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok Kukerta tersebut.***