JAKARTA - Kontingen DKI Jakarta berhasil merebut gelar juara umum cabang olahraga renang artistik pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Akuatik bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2022 yang berakhir di Stadion Akuatik, Selasa, 2 Agustus 2022.

Medali emas DKI juga disumbang melalui nomor team free routine senior dengan raihan 66.8333 poin. Tim Pelatda DKI Jakarta ini juga disiapkan menuju PON 2024 terdiri dari Gabrielle Permata Sari, Hilda Tri Maya Anggun, Naima Syeeda, Naura Ulfa, Nayla Adiva Visky Sekar Pribadi dan Andriani Shintya.

Kejurnas kali ini merupakan gambaran kekuaatan pada PON 2024. Namun untuk renang artistik masih perlu diwaspadai dua kekuatan besar yang belum tampil yakni Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Pada klasemen umum Kejurnas Akuatik 2022 ini selain senior juga melombakan kategori junior, sehingga penyebaran medali cukup banyak. Tim DKI Jakarta yang terbagi tiga yakni Tim Pelatda, Tim TT 66 serta JAQ total mengoleksi 22 medali emas, 15 medali perak dan 7 perunggu. Jakarta keluar sebagai juara umum diikuti Jawa Timur di peringkat kedua dengan 6 emas, 6 perak dan 8 perunggu.

Peringkat tiga Yogyakarta dengan 5 emas, 4 perak dan 3 perunggu serta di peringkat keempat ada Jawa Tengah dengan 1 perunggu dan Kalimantan Timur belum memperoleh medali.

Loncat indah

DKI Jakarta juga berhasil keluar sebagai juara umum cabang olahraga loncat indah Kejurnas Akuatik bertajuk Festival Akuatik 2022.

Kontingen loncat DKI mengumpulkan 12 emas, 7 perak, 7 perunggu. Peringkat kedua ditempati Jawa Timur dengan 6 emas, 3 perak dan 2 perunggu serta peringkat ketiga 6 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Kontingen Sumatera Selatan menempati peringkat empat dengan perolehan 4 emas, 13 perak, 7 perunggu dan perinhkat lima adalah Jawa Barat dengan 2 emas, 6 perak dan 9 perunggu serta keenam Sumatera mengumpulkan 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. ***