TUAL - TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar kegiatan Bakti Sosial di Tual, Maluku, Senin, 14 Januari 2019. Sebelumnya, kegiatan yang sama dilaksanakan di dua lokasi berbeda yakni di wilayah Pandeglang Banten dan Kalianda, Lampung Selatan yang terdampak bencana Tsunami dengan menggunakan KRI Makasar-590.

Kegiatan bakti sosial di Tual Maluku disambut dengan tarian penyambutan serta pengalungan bunga oleh Raja Tual Husein Tamher kepada Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr (Han).

Kemudian acara dilanjutkan sambutan Kadispotmar yang dirangkai dengan penyerahan bahan kontak berupa sembako, peralatan sekolah SD, SMP, SMA, penyerahan Kitab Suci, alat-alat olahraga hingga kegiatan pelayanan kesehatan umum dan khitanan.

Dinas Penerangan TNI AL dalam siaran persnya menjelaskan, kegiatan Baksos TNI AL dan Pelatihan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) ini dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Dharma Samudera, Selasa, 15 Januari 2019. Hari Dharma Samudera selalu diperingati jajaran TNI AL pada setiap tahunnya guna mengenang peristiwa heroik Pertempuran Laut Arafuru yang menyebabkan gugurnya Sang Patriot Bangsa Komodor Yos Sudarso bersama dengan tenggelamnya Rl Matjan Tutul di wilayah laut Arafuru pada 15 Januari 1962 lalu.

Ads
Kegiatan Bhakti Sosial yang mengangkat tema “Dengan Semangat Pertempuran Laut Aru Kita Wujudkan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut yang Tangguh” ini juga diikuti para mahasiswa Jakarta, pelajar SMA Maritim Surabaya, Pramuka Saka Bahari Surabaya, pelajar Tual serta beberapa awak media massa dengan tujuan menciptakan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat dalam rangka mewujudkan daerah wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) melalui bakti sosial dan bakti kesehatan serta menumbuh kembangkan cinta bahari di kalangan generasi muda.

Kegiatan ini turut dihadiri Danguspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI P. Rahmad Wahyudi, S.E, Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Jani Sujani ,serta Kapolres Tual. ***