BANGKINANG - Sebanyak 4 desa di Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau direndam banjir, Senin (14/1/2019).

Adapun 4 desa yang terendam ini adalah Desa Kuntu, Padang Sawah, Teluk Paman dan Desa Domo. Banjir yang terparah di Desa Padang Sawah.

Camat Kampar Kiri, Gustar menyebutkan kepada GoRiau.com, banjir disebabkan meluapannya air Sungai di Kampar Kiri.

"Banjir ini diakibatkan luapan air Sungai Kampar Kiri, kiriman aliran sungai dari Sumatera Barat. Terparah di Desa Padang Sawah, itu tingginya setinggi pinggang orang dewasa. Namun kini sudah mulai surut," jelasnya.

Ads
Untuk malam, Gustar mengaku sudah perintahkan kepala desa yang ada di Kecamatan Kampar Kiri, terutama desanya di pinggir sungai, melakukan piket untuk siaga banjir.

"Tadi saya susah informasikan kepada kepala desa dan jajaran untuk melakukan piket pada malam ini. Karena kita takut, banjir bandang kembali datang saat warga tertidur pulas," pintanya.

Menurut Camat Kampar Kiri ini, banjir di Desa Padang Sawah merupakan banjir terparah sepanjang sejarah karena tanpa hujan.

"Memang sejak berdirinya PLTA Koto Panjang, belum pernah Padang Sawah direndam banjir setinggi pinggang orang dewasa. Warga pun kaget, tiba-tiba rumahnya digenangi air, padahal tidak ada hujan," paparnya.

Ia menambahkan, dengan menghimbau kepada aparat desa yang terkena dampak banjir tersebut, agar malam ini untuk waspada dan tetap memantau kondisi banjir. ***