KAMPAR - Peran aktif orang tua dimasa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran melalui daring dan virtual sangat penting, hal ini menjadi perhatian bagi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kampar.

Oleh sebab itu untuk mencari jalan terbaik serta solusi DPW Kampar mengadakan seminar sekaligus wirid bulanan untuk menjalin silaturahmi antar pengurus, ajang silaturrahmi ini tetap di tingkatkan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan.

Demikian diungkapkan Ketua DWP Kampar, Hj Juli Mastuti mewakili Pembina DWP Kampar, Hj Muslimawati Catur pada Wirid bulanan dan seminar yang diadakan di Gedung DWP Kampar di Bangkinang, Jumat (9/7/2021). Seminar ini membahas tentang peran orang tua dalam pembelajaran anak di masa pandemi.

Dikatakan Juli Mastuti mengajak kepada ibu-ibu DWP Kampar untuk melaksanakan kegiatannya walaupun dalam masa pandemi covid 19 tetap menjaga protokol kesehatan.

"Laksanakan kegiatan sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, apa yang menjadi amanah hendaknya dapat kita Laksanakan," harap Juli Mastuti.

Sebagaimana kegiatan rutin pihaknya melakukan pengasuhan di Panti Asuhan Puteri Kasih Ibu, inilah bentuk nyata dalam memberikan pendidikan kepada anak yatim, pihaknya meminta kepada yang diberikan kelebihan harta untuk dapat menjadi orang tua angkat atau orang tua asuh bagi anak yatim.

"Peran orang tua mendidik anak dalam masa pandemi Covid-19 berharap kepada ibu-ibu dapat mengikuti dengan serius terhadap apa yang disampaikan oleh Nara Sumber, kita lihat belum ada solusi yang pas dalam mendidik anak," Kata Juli Mastuti.

Sementara itu, Dr Afriyanto MEd. narasumber dari dosen Universitas Riau (UNRI) mengatakann Peran orang tua dan sekolah harus sinkronisasi dengan Problem anak, selama ini kurang serius menjalankan masalah belajar terutama belajar di rumah, orang tua lah yang berperan aktif untuk mendidik anak di rumah.

"Problem yang dihadapi fasilitas yang tidak dimiliki seperti pasilitas Internet, ini semua merupakan problem anak d masa pandemi. Orang tua sangat perlu hadir bersama anak anak dalam menghadapi problema anak," pinta Afriyanto.

Sementara itu Ketua Panitia, Eva Muhammad menyampaikan DWP Kampar mengadakan wirid sekaligus seminar, pada kali ini mengambil tema 'Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Dimasa Pandemi Covid-19'.

"DWP Kampar akan aktif melaksanakan Wirid Bulanan ini, namun tetap menjaga protokol kesehatan, sementara untuk pelaksana akan kita gilirkan setiap unit DWP di OPD dilingkungan Pemkab Kampar," ungkapnya.***