PINGGIR - Dari 5.178 jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Muara Basung, 3.551 suara diperoleh oleh calon kepala desa nomor urut 2, Akhyar Mukmin dan calon kepala desa nomor urut 1, Muhammad Rahim raih 195 suara.

Jauh tingginya suara yang diperoleh sepupu Bupati Bengkalis, Amril Mukminin ini sudah dapat dipastikan dirinya sebagai pemenang di Pilkades Muara Basung.

"Akhyar Mukmin, calon Kepala Desa Muara Basung nomor urut 2 ini menang mutlak. Perolehan suaranya sangat tinggi dibandingkan Cakades nomor urut 1," kata Rinaldo Davinci S.Sos, ketua Pelaksanaan Pilkades Muara Basung, Rabu (31/10/2018).

Keunggulan Akhyar Mukmin ini pada pilkades Muara Basung juga membuat bangga pengurus DPD KNPI Kabupaten Bengkalis dan Pengurus KNPI Kecamatan Pinggir.

Sekretaris KNPI Kabupaten Bengkalis Riza Zuhelmi langsung menyampaikan apresiasi atas keunggulan Ketua KNPI Pinggir di Pilkades Muara Basung.

"Tahniah kepada Akhyar Mukmini atas kemenangan mutlak di Pilkades Muara Basung Kecamatan Pinggir. Semoga amanah dalam mengemban tugas kedepan dan berhasil memajukan Desa Muara Basung sesuai visi misinya," ungkap Riza Zuhelmi.

Menurutnya, keberhasilan Akhyar Mukmin hendaklah menjadi contoh bagi generasi muda di Indonesia dan Riau khususnya Kabupaten Bengkalis. Agar mengembangkan jiwa kepemimpinan serta kepeloporan dengan menjadi pemimpin.

"Apalagi di era otonomi desa seperti sekarang ini melalui UU Desa dimana desa menjadi entitas pemerintahan sendiri yang memilki banyak kewenangan, anggaran dan kebijakan sehingga pemuda benar-benar menjadi penggerak pembangunan. Kami yakin Akhyar Mukmin bisa bekerjasama dengan baik dengan pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis dibawah kepemimpinan bapak Amril Mukminin, SE.MM," imbuhnya.

Kemudian, Riza menambahkan, di usia Akhyar yang kini masih 28 tahun dan mampu menjadi seorang pemimpin di sebuah desa merupakan prestasi membanggakan.

Sekretaris KNPI Bengkalis ini yakin Akhyar akan mampu menjadi model kepemimpinan bagi kaum muda di Negeri Junjungan dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan, kepeloporan, kewirausahaan dan kemandirian sesuai dengan semangat UU Kepemudaan.

"Alhamdulillah, amanah dari masyarakat ini akan kita jalankan dengan baik," singkat Akhyar, Ketua Pengurus Kecamatan (PK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Pinggir. ***