PEKANBARU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Pemadam Kebakaran (Satdamkar) memiliki peranan penting untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo dalam rapat koordinasi nasional, Damkar, Satpol PP dan Satlinmas se Indonesia yang dilaksanakan di SKA Co-Ex Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (5/3/2019).

"Makanya untuk menjalankan tugas tersebut dengan baik, Satdamkar, Satpol PP dan Satlinmas harus mendapat (jatah, red) proporsional terkait anggaran dan peningkatan SDM," kata Hadi.

Sebab, menurut Hadi, dukungan dari sisi anggaran dan SDM memang sangat penting dan harus diberikan seimbang.

"Misal, dibentuk SDM nya tapi tidak dilakukan pelatihan ya repot, tidak ada anggarannya juga repot, damkar ada tapi mobil tidak ada juga repot. Sarana dan prasarana penunjang masing-masing instansi juga harus jelas," terangnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, bahwa Satpol PP, Satlinmas dan Satdamkar juga dituntut untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dedikasi dan disiplin yang baik.

Tujuannya supaya mereka mampu mewujudkan pelaksanakan tugas pokok dengan baik, cepat dan terkoordinasi dengan memanfaatkan Iptek.

"Dengan kecanggihan dan kemodernan era globalisasi ini, tentunya Satpol PP, Satlinmas dan Satdamkar harus menguasai Iptek. Pengembangan SDM (sumber daya manusia) pun di ketiga instansi ini harus kita dukung agar peranan ketiga instansi ini semakin maju," kata Wagubri, Edy Natar Nasution.